Saturday 4 June 2016

BUKU SERVICE TV TABUNG

BUKU REPERASI TV TABUNG



BUKU REPARASI TV

CACAT VERTICAL PADA LAYAR TELEVISI. Rangkaian bagian vertical pada Televisi Tabung/CRT berguna untuk mendrive/mengatur defleksi/yoke bagian vertical didalam membengkokkan/menarik gambar pada layar Tv ke atas dan ke bawah. Tidak bekerja atau kurang sempurna nya rangkaian bagian vertikal mengakibatkan kurang sempurna atau cacatnya tampilan pada layar televisi. Kerusakan-kerusakan bagian ini sangat beragam, beberapa kerusakan bagian ini yang pernah aku alami:

LAYAR TV SEGARIS HORISONTAL

Tampilan Gambar di layar hanya terlihat Segaris mendatar/ horisontal Hal ini disebabkan tidak bekerja-nya rangkaian bagian vertical sehingga defleksi vertikjal tidak membengkokkan/menarik gambar ke atas dan ke bawah dan menyebabkan tampilan hanya segaris horizontal. Hal itu disebabkan oleh bermacam-macam sebab antara lain:
  1. Yang paling sering adalah retak-nya timah solderan pada kaki-kaki ic vertical. Hal ini disebabkan Ic Vertical menghasilkan panas yang lumayan sangat panas sekali, sehingga menyebabkan longgar/retaknya timah solderan. Solusinya Solder ulang kaki-kaki ic vertical dan semua bagian bagian yang rentan terhadap keretakan terutama komponen komponen yang menghasilkan panas yang berlebih.
  2. Putus Jalurnya Mungkin Karena Retak atau karena korosi yang mengikis jalur jalur pada pcb. perhatikan alur alur yang menghubungkan jika terjadi hal demikian jumper sehingga jalur tersambung lagi.
  3. Tidak ada catu daya ke ic vertical, Mungkin karena dioda rusak karena bocor maupun putus, mungkin karena resistor putus maupun melar. Cek dan ganti apabila tegangan catu daya Ic Vertical belum ada karena rusaknya  komponen-komponen tersebut.
  4. RUSAKNYA IC VERTICAL. Jika kerusakan bukan karena dua hal di atas kemungkinan lain adalah rusak/mati Ic Verticalnya. Ganti Ic Vertical dengan Ic yang tipenya sama. Rusaknya Ic Vertical selain menyebabkan tampilan segaris horizontal kadang juga tampilan di layar putih belang-belang pelangi, kadang tidak tampil di layar bahkan dalam beberapa kasus Rusaknya Ic Vertical menyebabkan mati total
  5. Tidak masuknya tegangan osilator vertical. Hal ini mungkin disebabkan melar/putusnya resistor dari Ic crhoma ke ic vertical. Cek dan ganti apabila komponen tersebut rusak.
  6. Rusaknya condensator ceramic kecil mungkin putus atau bocor.
  7. Rusaknya ic crhoma. Kemungkinan lainnya lagi yang menyebabkan layar tv hanya segaris horizontal adalah rusaknya Ic Crhoma yang menjadi osilator veical.

Di atas adalah kerusakan-kerusakan yang pernah Aku alami dari cacat vertical yang menyebabkan TAMPILAN DI LAYAR TV SEGARIS HORISONTAL DI TENGAH-TENGAH.

LAYAR TV BAGIAN ATAS BERGARI-GARIS PUTIH
Tampilan Gambar di Layar ada garis-garis putih di bagian atas hal ini disebabkan kurang sempurna nya kinerja rangkaian bagian Vertical yang menyebabkan kurang sempurnanya tampilan gambar. Penyebabnya adalah rusaknya komponen-komponen pendukung Ic Vertical antara lain:
  1. Rusak/ausnya elco-elconya. Hal ini terjadi karena Ic Vertical sangat panas sehingga elco-elco didekat Ic/pendingin Ic vertical menjadi kering cairan elektrolit-nya. Ganti elco-elco di dekat Ic/pendingin Ic Vertical dengan yang bagus/baru.
  2. Putus/melarnya resistor yang berhubungan dengan bagian Vertical. Ganti jika memang rusak putus maupun melar.

Itulah yang ku ketahui kerusakan Tv cacat vertical Yang menyebabkan tampilan pada Tv LAYAR TV BAGIAN ATAS BERGARIS-GARIS PUTIH.

GAMBAR DI LAYAR MELIPAT ATAS/BAWAH
Hal ini sering terjadi karena tidak sempurnanya tegangan pada bagian Vertical. Ganti elco-elco bagian vertical. cek resistor barangkali melar menjadi lebih besar hambatan dari yang semestinya, walau hal ini jarang terjadi namun pernah di alami

TAMPILAN LAYAR KURANG LEBAR KE ATAS DAN KE BAWAH
Penyebab-penyebabnya adalah:
  1. Rusaknya elco-elconya. Ganti dengan Elco baru
  2. Melarya resistor 1ohm atau resistor 0,sekian ohm. Ganti dengan resistor yang sesuai sehingga lebarnya pas tidak terlalu sempit maupun terlalu lebar.
  3. Kurang lebarnya pengaturan Vertical size. Masuk ke servis mode atur vertical size.
Itulah kerusakan-kerusakan bagian Vertical yang Aku ketahui dari pengalaman servis yang pernah Aku alami yang menyebabkan CACAT VERTICAL PADA LAYAR TV.

KERUSAKAN TV BAGIAN HORISONTAL---  Kerusakan bagian horizontal yang terjadi pada televise maupun monitor crt indikasinya kerusakan dan komponen yang rusak juga bermacam maca. Kalo dulu telah saya posting macam-macam KERUSAKAN BAGIANVERTICAL, maka kali ini saya posting macam macam kerusakan bagian HORISONTAL.

Berikut adalah kerusakan-kerusakan bgian horizontal yang pernah saya alami pda televisi maupunmonitor:
 
MATI TOTAL DENGAN SUARA TIK-TIK-TIK

Kerusakan dengan indikasi seperti ini biasanya karena short/bocornya Transistor horizontal dan atau komponen komponen pendukung di bagian horizontal. Periksa TR Horrisontal, dioda-dioda serta komponen pendukung di bagian horizontal, Ganti komponen komponen tersebut jika terjadi kerusakan.

TAMPILAN KURANG LEBAR DAN MELENGKUNG

Periksa Transistor pendukung/penyangga Horizontal, kemunkinan Transistor tersebut putus ganti jika memang rusak atau mungkin transistor tersebut belum bekerja periksa input teganaganya barangkali belum masuk periksa dan cari penyebabnya munkin resistornya putus atau melar, munkin juga karena cacatnya capasitor horizontal yang 1600v coba ganti dengan yang nilainya sama.

TAMPILAN TERLALU LEBAR

Periksa Transistor Penyangga horizontal dan dioda-diaodapendukung pada bagian horizontal, kerusakan dengan indikasi tampilan terlalu lebar biasanya karena transistor atau dioda pendukung bocor sedikit.

TAMPILAN SEGARIS DARI ATAS KE BAWAH.

Kerusakan dengan indikasi Tampilan segaris Dari atas ke Bbawah disebabkan tegangan tidak bekerja pada deflexi/youke horizontal periksa soket, kabel yoek, lilitan/imduktor di horizontal. Sering terjadi layar segaris dari atas ke bawah karena putusnya lilitan di bagian horizontal.

TAMPILAN MELIPAT DI SAMPING.

Biasanya disebabkan karena cacat/rusaknya capasitor di bagian horizontal yang 400volt biasanya capasitor tersebut pecah atau munkin berubah bentuk. atau mungkin karena terbakarnya lilitan hoisontal pada deflexi/youke, perbaiki bila memunkinkan/ terbkarnya tudak terlalu parah. Bila tidak memungkinkan ganti dengan yang setipe.

TV MESIN CHINA MATI SETELAH NYALA TIDAK DAPAT MENERIMA SIARAN.--  Dalam posting kali ini coba akan saya Share Pengalamanku Beberapa saat yang lalu, yaitu saat mereparasi tv yang mana mesin dari tv ini telah diganti dengan mesin China, yang mana keluahan dari pemilik tv ini adalah mati total.
Pertama-tama tv saya coba nyalakan, Saya colokin jack pada stopkontak dan ternya memang benar-benar mati total  (yaiyalah wong’ok ra percoyaonan timen heheheh). Lansung tutup casing saya buka dan saya lakukan langkah-lankah sebageimana posting saya yang terdahulu


Setelah pengecekan saya dapati sekring/fuse putus.  Dan saya lakukan sebageimana posting diatas. Semua bagian-bagian fital saya cek dan tenyata keliahatan seperti normal-normal saja. Mesin kali ini mengunakan ic program LSC863532, dan ic crhoma LA76818.

Karena saya kira semua bagian fital normal-normal saja maka fuse/sikring langsung saja saya ganti dan tvpun saya coba nyalain, saklar posisis on dan jack saya colokin ke stopkontak dan mak Dhush. Fuse/sikring putus kembali.

Ternyata bagian powernya belum normal alias masih bermasalah. Laongsung saja saya cek semua komponen komponen pada power Regulator, namun dari pengecekan dengan tester ohmmeter semua terlihat seperti normal.

Setelah beberapa saat belum ketemu juga masalahnya, coba coba saya lepas komponen yang buat gosing yang namamanya juga belum tau aku. Komponen yang nilai resistansinya bertambah besar apabiala panas yan di gunakan untuk degaussing ini saya lepas dan saya goyang-goyang, kok agak kocak. Walaupun saya tes dengan tester ohometer sepertinya normal tapi saya curiga pada kerusakan komponen ini.

Maka fuse/sikring saya ganti dan tv saya coba nyalakan tanpa degaussing. Saya colokin jack pada stopkontak dan crakh.. fuse/sikring tidak putus dan tv pun sudah mau nyala.

Komponen yang untuk degaussing tadi saya ganti dan tv saya nyalain, ternyata tidak masalah dan atenapun saya pasang. Namun tidak satupun siaran yang ditampilakn. Ooo masih ada lagiu masalahnya yakni:

TV TIDAK DAPAT MENERIMA SIARAN. Yaa ternyata masih adalagi kerusakan lainnya. Saya coba cari otomatis maupun manual tak satupun siaran yang tertangkap.

Maka berlanjut mencari penyebab TV Tidak Dapat Menerima Siaran. Setelah pengecekan sana-sinia maka ketemualah tegagan 5vol tidak dapat sampai pada Ic LA76818 tegangan menghilang saat melalui L102 karena teryata inductor ini dalam keadan putus.

Setelah pengantian komponen tersebut tv saya nyalain dan lansung tak cari siaran dengan auto tuning. Maka satu persatu siaran tertangap dan komplit semuanya. Dan syukur alhamdulillah akhirnya selesei juga.

Kali ini  saya tulis pengalaman beberapa saat lalu sat dimintai tolong mbenerin tv politron 14' dengan keluhan tidak mau nyala sedangkan led indikator nyala merah standbay.

Saya pikir kerusakannya adalah masalah biasa yang terjadi pada tv politron maupun digiteg yang mengalami protek gagal start. Paling tinggal ganti elco yang mensuplay tegangan 50 volt untuk b+ travo osilator untuk basis tr horisontal.
Setelah mengetahui gejala kerusakannya langsung saja kerja dimulai.
casing di buka dan terlihat tv ini menggunakan Ic program HBK-00-01   Ic crhoma TDA8841
Sejenak ku amati fisik dari komponen-komponennya, paling kerusakan pada c526 yang biasanya 47mf63v, ternyata elco itu telah di ganti dengan 10,160vol.
Bhadalah ternyata salah dugaan saya. Pencarian pun dilanjutkan dengan pengecekan tegangan-tegangan dan saya rasa normal semua.
mulailah pikiran berputar mengira-ngira kemungkinan kerusakan ada di mana, mungkin playback, ic atau mungkin yang lainnya.
Daripada hanya menduga-duga mending langsung ganti aja mana mana yng saya curigai, ynag jadi biang keroknya. Pertama ic crhoma kebetulan ada cadangannya langsung tak tepas dan kuganti. Setelah selesei, saatnyaa untuk mencoba, dan ternyata masih sama saja.
Selanjutnya playback tak lepas dan diganti dengan playback lainnya. coba saja barangkali playback nya yang penting dicoba dahulu. Setelah selesei penggantian playback. tv kembali saya coba nyalakan. mak ccjep crack tv pun mau nyala. Setelah beberapa saat antena saya pasang dan gambar di layar normal .

Setelah saya tes satu jam, dan normal-normal saja dan saya rasa tak ada masalah lain, casingpun saya tutup kembali seperti semula.
Alhamdulillah satu pekerjaan selesei sudah, kataku dalam hati.
Dan sore harinya diambil yang punya.
Keesokan harinya ternyata pemilik tv datang lagi komplaine dengan keluhan yang sama.
katanya yang punya semalam buat menonton bola baru setengah main dan babak kedua baru mau mulai tv mati sendiri led indikator merah stanbay dan di apa-apakan tidak mau nyala.
Ya ya ya.... . Mulai lagi ini pekerjaan kemarin yang aku sangka telah beres eh ternyata datang lagi kemeja kerja dengan keluhan yang sama hehehe
cukup menyita waktu juga setelah cek sana sini kecurigaan tertuju pada deflexi yorke. tak lepas dari leher tabung crt, dan diamat-amati terlihat baik-baik saja, maka kupasang lagi.
Karena dah sekin waktu lelah terasa juga dan kepala serasa gimanaa gitu. maka sudahlah yang satu ini saya tinggalkan dahulu beralih pada pekerjaan lain yang memang saat itu ada beberapa pekerjaan dilantai yang menunggu naik ke meja operasi buat dibedah jerohannya, hehehe.
setelah hari berganti timbul lagi rasa penasaran akan masalah yang satu ini. kecurigaan ku masih tertuju pada deflexi yoke.
Walau terlihat bik-baik saja. tetap tak lepas dan tak ganti baru. karena memang saat itu punya cadangan deflexi baru.
Setelah selesei penggantian defleksi, tv coba saya nyalakan dan mak crack...  tv pun mau nyala. tak biarkan beberapa saat dan antena ku pasang,  di layar terlihat lebar horisontal telah pas tinggal vertical yang kurang sedikit.
Alhamdulillah masalah akhirnya ketemu juga.  tinggal menambah lebar vertical dan set ngepasin gelang warna.
Seting selesei dan casing belakang ku pasang lagi.
Setelah selesei rasa penasaran akan biang kerok  masalah inipun mengelitik.
ku bongkar deflexi yang bikin boedrex tadi dan eh ternyata eh ternyata, kumparan horisontal bagian dalam terlihat gosong karena terbakar. Pantas aja dicari cari ga ketemu orang biang keroknya tersembunyi rapat sekali whihihi.

TV POLITRON SUSAH START DAN MATI STANDBAY.— kerusakaan ini umum dan sering sekali terjadi pada tv politron. Kali ini saya mau share pengalamanku saat servis tv Politron. Kali ini ada serrvisan politron dua buah. Keduadauanya polytron 21’, yang satu Politron DIVA XBR, DAN YANG SATUNYA LAGI Politron MX Minimax Hiperbrand.
Kedua-duanya datang dengan keluahan yang sama, yaitu susah dihidupkan. Kalo mau dihidupkan tv dinyalakan/ distar nyala lalu MATI STANBY. Begitu terus samopai MATI STANBAY beberapa jam baru mau start.dan mau nyala normal. Namun apabila tv dimatikan maka keluhan Mati Standbay kembali berulang.
Dahulu sudah sya tulis pengalaman servis TV POLITRONMATI STANDBAY. Kerusakan sebagaimana yang saya tulis saat itu baru kali itu saya alami. Kali ini coba saya share kerusakan tv politron yang Susah Start dan Mati Stanbay yang serig sekali terjadi pada Tv Polytron.
Kebetualn keduanya sama-sama mengunakan ic tunggal HBT 00… saya  lupa. Keluhan MATI STANDBAY DAN SUSAH START memang umum dialami sebagaimana tipe-tipe sebelumnya yang mengunakan dua ic. Ic program dan ic crhoma terpisah.
Mati stanbay pada tv dengan dua ic biasanya disebabkan lemahnya catudaya untuk B+ travo osilator Horisontal atau travo yang mensuplay tegangan basis Transsistor Horisontal. Ganti elco yang mensuplaynya osilator Horisontal biasanya 10uf63v atau 47uf 63volt Ganti dengan elco yang lebih besar, semisal 47uf160 atau 100uf100v. Biasanya tv politron yang mengunakan 2ic dengan keluhan susah start dan mati stanbay, Mati stanbay teratasi.
Tv politron susah nyala dan mati stanbay kali ini terjadi pada tv Polytron yang nenggunakan ic tunggal, gejalanya sama dengan tv politron model sebelumnya dan yang perlu di ganti juga sama elconya, akantetapi berbeda letaknya. Maka elco yang  diganti untuk tv politron yang mengunakan ic tunggal ganti elco 470uf yang mensuplai salah satu tegangan 5v ic tungal dan elco 1uf50v yang berhubungan dengan itu letaknya di dekat ic vertical. Di dekat ic vertical ada dua elco 1uf50volt ganti saja keduanya.
Dengan pengantian elco 1uf50volt dan elco 470uf16volt biasanya tv polytron Susah Start dan Mati Stanbay yang sasisnya menngunakan ic tunggal teratasi. Itu adalah kerusakan yang paling sering terjadi pada tv politron.

TV POLYTRON BLANK NDAK ADA TAMPILAN---- Tv Polytron termasuk merek tv yang cukup digemari, setidaknya di sekitar tempat Aku tinggal. Dan kali ini lagi-lagi datang order reparasi Tv Polytron dari kampung sebelah.
Order telah Ku terima jelas alamatnya, langsung deh persiapan, berkemas alat-alat tempur dan langsung burrr terbang ke TKP.
Sesampainya di TKP kudapti tv politron14''. Tanpa basa basi tv langsung tak coba nyalain, Ceklikkk... layar tv blank hitam gelap tak ada tampilannya sama sekali.
Langsung casing Ku buka dan ku amati seluruh komponen-komponennya, dan terlihat secara fisik masih bagus semua, begitu juga soderan-solderannya masih terlihat bagus, belum terlihat ada yang retak.
Setelah memastikan secara fisik tidak ada kejanggalan maka langkah selanjutnya, cek tegangan-tegangan, Pada soket CRT terukur tegangan untuk RGB normal G2 normal Ht normal dan terlihat filament juga telah menyala, pertanda plyback telah bekerja. Berlanjut pengecekan tegangan-tegangan pada board bagian bawah, terukur untuk tegangan15v normal, 50volt normal, 12 volt normal, 33 volt normal dan saat mengukur tegangan yang ke sensorr eittttt... Terukur teganggan Noll kotol jendolll.
Perburuanpun dialnjutkan guna mencari kemana larinya tegangan 5v yang entah kemana. SetelahKu telusuri ternyata Kudapti T502 sebuah transistor dengan nomer C1213 putus tus tanpa nyambung. ok dah ternyata si 5v gak lari kemana mana cuma pabriknya aja yang ga kerja, hehehe.
Setelah Tr ku ganti maka tv pun coba kunyalakan,  Crackkzzzz tanda CRT  bekerja dan tampilan dilayarpun terlihat juga.  Antena Ku pasang dan gambar dilayar terlihat normal bin sempurna.  Ahamdulillah. Syukur kupanjatkan kepadaYang Kuasa akhirnya satu pekerjaanpun terseleseikan juga. 
MODIFIKASI PLAYBAC MATI.--- Playback rusak pada tv maupun monitor sebaiknya ganti baru, namun untuk Playback terutama Playback Monitor saat terjadi kerusakan untuk mencari penganti yang baru sangat lah susah. Kalo sebelumnya telah saya share kerusakan playback yang menyebabkan Buram dengan Mencangkok Playback, dan MENGATASI BOCORNYA PLAYBACK kini akan coba saya tulis kerusakan playback yang lain.
Travo Plaiyback yang terdiri dari bermacam-macam bagian komponen maka kerusakannya juga bermacam-macam. Kai ini akan saya tulis kerusakan playback dimana yang rusak adalah shortnya/Jebolnya capasitor playback, yang menyebabkan mati. Ini adalah satu bagian kerusakan yang sering terjadi pada Playback monitor.
Untuk mengetahui kerusakan pada capasitor playback. Buka/sedot timah solderan pada kaki capsitor Playback. Pastikan timah soderan bersih dan kaki capasitor playback tidak terhubung sama sekali.
Setelah timah soldrderan kaki kapasitor Playback terputus hidupkan monitor, apabila terjadi percikan api yang besar berarti capasitor playback short/jebol. Normalnya percikan api pada kaki kapasitor playback saat di open memercik sedikit degan api sangat kecil-kecil.
Cara lain untuk mengetahui kerusakan shot/jebol pada kaki capasitor playback dengan mengunakan tester. Arahkan tester pada 10kohm,lepaskan cop playback ke tabung/crt lalu ukur antara cop Playback dengan kaki kapsitor playback atau ke groun juga bisa. Apabila jarum tester begerak menunjukan angka tertentu berarti capasitur shot/jebol.
Lepaskan playback dari sasis. Setelah playback terlepas dari sasis, lepas besi ferit sebagi inti travo playback. Setelah besi ferit terlepas potong capasitr Playbak. Yang biasa saya lakukan adalah dengan mengergajinya di dua sisi capasitor dengan gergaji besi lalu saya congkel dengan tatah/obeng. Hati-hati saat melakukannya jangan sampai bodi retak maupun merusak bagian yang lain yang seharusnya tidak perlu.
Setelah capasitor terpotong, tambal potongan yang atas atas yang terhubung dengan katoda/cop playback. Penambalan ini harus benar benar rapat dan mengunakan bahan yang kuat meng isolasi tegangan tingi playback sehinga tidak tejadi kebocoran. Yang biasa Saya gunakan untuk menambalnya adalah dengan lem super/alteco yang besar, bisa beli di toko besi dan bahan bangunan dengan melapisi dengan abu atau serbuk gergajian playback. Serbuk gergajian playback yang digunakan harus bebas dari konduktor. Ambil/gergaji playback yang rusak dan tidak terpakei di bagian yang bebas dari logam.
Tetesi bodi playbak dengan lem super/alteco lalu lapisi dengan abu/serbuk gergajian playback. Pelapisa dengan abu/serbuk gergajian playback harus sangat tipis-tipis lalu di tetesi lagi degan lem super lagi, pastikan tidak ada serbuk yang kering/tidak terkena lem saat proses melapisinya. Begitu terus sapai tebal dan dirasa cukup untuk menahan tegangan tingi plaibak sehingga tidak bocor.

Setelah penambalan selesei pasang lagi plaibak seperti sediakala. Apabila potensio pengaturan scrin dan focus masih bagus dan kaki capasitor playback langsung terhubung ke ground maka proses selesei dan bila tidak ada kerusakan bagian lain monitorpun siap beraksi dengan normal lagi.
Namun apabila ternyata potensio pengaturan screen dan focus sudah tidak presisi dengan gejala setelah diatur keterangan dan kejelasan/focusnya lamalama menjadi buram dcangkok saja plaibacnya caranya silahkan baca posting MENCANGKOK PLAYBACK, agar masalah lama-lama buram teratasi.
Apabila kaki kapasitor playback tidak langsung terhubung ke groud dan tegangan dari capasitor playback terhubung degan komponen lain maka tegangan kali capasitor asli harus dig anti. Caranya hampir sama dengan mencangkok playback, ( klik link di atas ) hanya saja kaki dari kapasitor playback cangkokan tidak di gabung dengan ground melainkan di jamper pake cabel ke kaki capasitor playback asli.


Tv warna berubah karena eror pada transistor warna

WARNA BERUBAH KARENA EROR TRANSISTOR WARNA PADA TV--- Kerusakan Tv yang warna nya kadang normal kadang berubah-rubah jadi kuning, unggu atau yang lainnya paling sering karena retak atau longgar timah Solderannya. Namun ada kalanya kerusakan begini karena Eror pada Transistor(TR) warna yang mana pengalaman saya dahulu saat baru awal-awal belajar pernah bikin puyeng juga.
Kalau hanya karena pecah/longgar solderannya di solder ulang warna langsung pulih normal lagi, namun pengalaman saat pertama kali mereparasi tv yang Eror Tr Warnanya, Setelah di solder ulang warna normal, di sangka sudah normal Tv di tutup di rapikan eh selang beberapa saat warna berubah lagi hingga sempat bingung mencari apa penyebabnya.
Karena warna yang kadang hilang adalah warna biru maka cobalah di tukar Transistor untuk warna Biru Ke transistor Warna Merah Setelah beberapa Saat di hidupkan normal dan pada saat warna berubah baru deh ketahuan kalau ternyata eror Salah satu Transistor RGB yang yang mengatur warna Merah Hijau Biru, semula warna Biru yang kadang Hilang kini ganti warna merah yang kadang hilang.

Maka di gantilah ransistor Yang Eror tadi Dan Baru Ketahuan dah Bahwa Tv yang warnanya berubah rubah disebabkan Karena Eror alias Transistor(TR) Warnanya Setengah Mati.

SORT/JEBOL TRANSISTOR/FET REGULATOR POWER TV POLYTRON SAlahsatu Penyebab Pesawat Televisi mati total diantara sekian banyak penyebab adalah kerusakan pada bagian regulator powernya. Tulisan kali ini adalah pengalaman saat Servis tv Polytron yang bagian pembangkit power regulator Transistor Acmatiknya memakai jenis FET. Yang di bahas kali ini adalah Kerusakan TV Polytron Mati total akibat Short/Jebol pada FET Pembangkit Power Regulator Pada Tv Polytron. Untuk memastikan Kerusakan disebabkan Short/bocor/Jebol TRASISTOR/FET silahkan lihat Cara penanganan dan langkah-langkah mana kala menangani Tv Matitotal di


KERUSAKKAN TRANSISTOR/FET REGULATOR POWER TV POLYTRON

Kerusakan Shrot/Jebol/bocor pada Transistor/FET Regulator Power Tv Polytron Pada umumnya disertai bocor/jebol pada dua Transistor kecil yang mendrive/menyetir membangkitkan FET ini. setelah di pastikan FET Jebol/Short  Cek juga Transistor kecil-kecil yang menyetir/drive membangkitkan Fet power untuk bekerja, cek juga Dioda-dioda Zener yng berhubungan di semua rangkaian regulator ini serta cek Resistor-resistor yang mungkin putus atau melar menjadi lebih besar nilai resistansi/hambatan dengan yang semestinya. Ganti semua komponen yang rusak.
Kerusakan yang Paling umum menyertai Short/Jebol/bocor Fet Power pada TV Polytron Adalah jebol/bocor dua Transistor kecil di dekatnya serta Zener dioda di bgian Regulator power ini. Pastikan Zener dioda dalam keadaan baik dengan melepas dan mengukurnya tanpa terhubung dengan komponen lainnya. Jebol atau mungkin bocor Sedikit Pada dioda-dioda zener serta melarnya/meningkat menjadi lebih besar nilai resistansi/hambatan pada resistor di bagian ini jika tidak terdeteksi bisa saja menyebabkan Seolah olah kerusakan terseleseikan karena tv sudah bisa nyala normal akan tetapi Televisi tidak awet dan kerusakan serupa terulang lagi.
So pastikan semu komponen pendukung Komponen utama baik baik saja

TV DIGITEC POLYTRON LAYAR PUTIH BELANG LALU STANDBAY
TV DIGITEC POLYTRON LAYAR PUTIH BELANG LALU STANDBAY ini sekedar berbagi pengalaman saat reparasi Tv Digitek dengan keluahan sebagaimana judul di atas. Mesin Tv Digitec sama dengan mesin Tv Polytron Dan Tv yang di perbaiki kali ini kebetulan bermerek Digitec dan casisnya menggunakan Ic Single/tunggal ber seri HBT004. Indikasi kerusakan Tv ini adalah pertama kali di nyala-kan Tv nyala namun layar putih terang sedikit ada belang dan tak lam kemudian mati Standbay
Setelah di ketahui gejala kerusakan, Tv pun langsung di bongkar dan pertama tama di amati fisik dari komponen-komponenya. Dari ciri fisik terlihat masih bagus semua hingga harus menduga duga apa penyebab dan komponen apa yang rusak yang menjadikan Tv ini Mati Stanbay di awali layar blank putih sedikit belang. Dari gejala mati standbay dugaan saya yang pertama sebenarnya adalah karena masalah yang biasa pada Polytron dan Digitec yang standbay karena protek oleh erornya elco penyaring/filter dari Ic vertical. Namun untuk protek karena erornya elco dari Ic vertical biasanya gambar muncul sebentar atau kadang juga tidak muncul sama sekali terus mati Standbay, sedang untuk kasus ini kok sedikit berbeda dengan yang telah biasa di alami.
karena gejala kerusakan seperti ini baru di alami saat itu dan sebelumnya belum ada pengalaman gejala yang sama, Saya pun menduga duga apa penyebab Blank PutihStandbay dari pengalaman yang pernah ada. dugaan pertama Saya karena protec vertical tidak begitu yakin maka dugaan lain adalah karena masalah pada RGB nya. Untuk Tv dengan matrik/blog RGB yang menggunakan Ic sering terjadi Blank seperti ini karena eror pada Ic warnanya, namun Tv ini blog Marik/RGB menggunakan Transistor, dugaan-nya mungkin eror pada catu dayanya. Saat Tv nyala sebentar di ukur tegangan 160volt untuk RGB sudah masuk, begitu pula transistor terukur normal semua.
Dugaan selanjutnya layar putih blank agak belang pernah juga disebabkan karena kerusakan atau erorrnya pada Ic vertical. dan di lihat secara fisik Ic vertical tidak Janggal dan mencurigakan. namun rusaknya ic tidak selalu terdeteksi dari ciri fisiknya. saya buktikan kecurigaan saya itu maka saya ganti Ic vertical dengan yang baru.
Setelah Ic Vertical di ganti dengan yang baru Tv di coba nyalakan. Byak Tv Diigitec ini mau nyala layar biru dan tidak standbay lagi. saya kira selesai masalah Blank Putih Lalu Standbay Tv ini karena eror Ic verticalnya, namun ternyata meleset dugaan saya. karena setelah Tv Di matikan beberapa saat hingga dingin Kerusakannya kambuh, Tv di nyala-kan Blank Putih Lalu mati Standbay Lagi.
Akhirnya Kembali lagi dugaan Saya Pada yang pertama: Penyebab Standbay ini karena Protec oleh eror elco filter dari Ic verticalnya. di ganti-lah dua buah elco 1uf50volt di dekat Ic vertical setelah penggantian elco ini Tv di c oba di nyalakan dan ternyata bisa nyala normal dan setelah sudah kerusakam Tv ini di matikan hingga dingin lalu di nyala-kan lagi sudah langsung menyala dengan Normal. Nah ternyata kerusakannya sepele yang biasa terjadi pada Polytron maupun Digitec yang mati Stanbay karena eror elco filwternya. kerusakan seperti ini secara lengkapnya ada di 

Servis Tv Ada Gambar Tak Keluar Suara--- Servis Reparasi Televisi dengan kerusakan Gambar tampil Normal akan tetapi Bisu alias Suara tidak ada sama sekali Beragam macam serta bagian dari kerusakannya, dan di sini saya sekedar berbagi apa yang pernah Saya alami dengan Problem kerusakan Televisi/Tv dengan Keluhan Tampilan Gambar Normal akan tetapi Suara Tidak Keluar dengan berbagai penyebab kerusakannya diantaranya:

KERUSAKAN SPEKER
Rusaknya sepeker Pada TV yang menyebabkan tv bisu tidak kelua bunyi suaranya karena putusnya kumparan speker sehingga siknyal listrik dari Ic soun amplifier/Ic pengeras suara tidak berubah jadi magnet statis yang menggerakkan membran speker sehingga tidak terjadi suara. Cek dan ganti speakernya bila memang rusak/putus.

RETAK/LONGGAR PADA TIMAH PATRIAN
Keretakan timah patrian yang menghubungkan satu komponen ke komponen lain sering sekali membuat Tv tiada bunyi alias bisu, Solder ulang semua bagian yang retak dan pada komponen yang sering timbul panas berlebih, dalam kasus ini terutama pada Ic Sound amlifier dan komponen yang terkait serta Ic Crhoma.

RUSAKNYA IC AMLIFIER/IC PENGERAS SUARANYA
Periksa Ic Suara, Ganti jika terbakar ataupun berubah warna dan sebelum mencobanya pastikan cek semua komponen yang terkait Ic ini, di antaranya:

CEK TEGANGAN CATU DAYA IC SUARA
Bila tegangan belum ada pada catu daya untuk Ic Suara cari permasalahannya, mungkin ada Resistor putus, Dioda putus/Short/Bocor atau mungkin ada jalur yang putus, ganti komponen serta perbaiki kerusakannya

ELCO FILTER KE SPEAKER PUTUS
Putus/Rusaknya Elco Filter yang menuju Sepiker Sering Di temui mengakibatkan Tv Bisu tak keluar Suara. Ganti dengan Elco baru

PASTIKAN IC SOUND AMLIFIER/IC PENGERAS SUARA TELAH BEKERJA
Cari input suara pada Ic Soun Amplifier/Ic Pengeras suara yang biasanya di filter oleh Capasitor/Elco, lepas solderan pada salah satu kakinya dan coba sentuh dengan jari, bila bersuara mendengung berarti normal, bila tidak cari permasalahan sebagaimana permasalahan-permasalahan di atas

RUSAK TRANSISTOR PADA INPUTNYA
Setelah di pastikan Ic Pengeras Suara Bekerja Telusuri jalur inputnya Sering kali Putus atau Bocor/Short Pada Transistor tr pada jalur ini juga menyebabkan Suara mati ataupun eror volume suaranya.

PUTUS PADA JALURNYA
Sering juga Putus Jalur karena retak Pcb atau mungkin Korosi pada tembaga Jalur penghubung Komponen komponen juga menyebabkan Tv Tak berbunyi. Periksa jalur jalurnya sambung jika putus karena RETAK, KOROSI maupun sebab lainnya.

NILAI KOSONG PADA MENU SUB VOLUMENYA
Pernah juga Tv Bisu tak ada suara karena nila pada Sub volume kosong atau dalam angka 0/Nol, mungkin sebelumnya tidak sengaja merubahnya, tak sengaja reset, berubah sendiri atau mungkin karena penggantian Ic memori, Cari kode servis Tv-nya (silahkan googling saja) dan cari sub volumenya jika nilainya 0/nol/kosong rubah nilainya seperlunya.

KERUSAKAN PADA IC CHROMA
Mungkin saja kerusakan yang mengakibatkan Tv tak keluar bunyi suara disebabkan Ic Chroma walau saya sendiri belum pernah mengalami hal demikian namun mungkin saja kerusakan karena rusaknya Ic Chroma. Yang pernah saya alami rusaknya Ic Crhoma disertai gejala lainnya.

Demikinanlah yang bisa Saya tulis Tentang Ketusakan Tv Yang tak Keluar Bunyi Suara alias bisu saja dan mungkin masih banyak penyebab lain, Tetap semangat dan di coba cari solusiya. Semoga bermanfaat.
http://1.bp.blogspot.com/-2NqRy7dLf8o/U3HfO6iBdRI/AAAAAAAABNA/Woz7R9BqvWA/s1600/tv+takada+suara.png

TV CINA PROGRAM EROR-- Kerusakan Tv yang Saya tulis kali ini adalah pengalaman saat memperbaiki Tv Cina yang tombol panel program maupun remot tidak berfungsi, namun mesin ini begitu dinyalakan program jalan sendiri, kadang chanel pindah sendiri kadang av sendiri kadang auto search sendiri.

Keluhan pertama kerusakan tv ini adalah layar gelap hitam tak ada tampilan, setelah casing dibuka dan di lihat fisik komponen-komponennya terlihat beberapa elco bocor dan menggembung, setelah penggantian elco-elco tv mau tampil, namun program eror, tombol chanel maupun remot tidak berfungsi dan program berubah rubah. Kadang av sediri, kadang chanel geser, kadang auto tuning sendiri.
http://2.bp.blogspot.com/-AN9aNsgr7zg/UkC12aXJnfI/AAAAAAAAAx4/bUvTopPMPMI/s200/jumper+jalur+ic+program.png

Dari gejala kerusakan itu di cek tegangan 5volt untuk program normal dan komponen-komponen normal semua, setelah beberapa saat belum ketemu penyebab eror program mesin ini, coba-coba saya ukur jalur dari chanel sampai ke kaki Ic Program, dari pengukuran terlihat jalur putus, stelah di telusuri ketemu di satu titik ada jalur yang putus namun tidak terlihat karena tertutup cat pcb.

Jalur yang putus di jumper lalu tv coba dinyalakan dan program sudah kembali normal. Remot berfungsi normal begitupun tombol panel program normal semua.

Akirnya ketemu juga penyebab eror program tv ini yang ternyata hanya karena putusnya jalur pantas saja tidak ketemu-ketemu di cari-cari komponen apa yang rusak karena memang tidak ada yang rusak hingga menyebabkan erornya program dan hanya putus jalur saja ternyata.

Oke sobat ini hanya berbagi pengalaman saja. Mungkin saja menemui gejala keruskan sama namun penyebab bisa bermacam macam, tetap semangat Shobat semoga bermanfaat.

MATI  TOTAL PADA ADAPTOR CARGER LAPTOP MULTI FUNSI Kadang kerusakan nya susah namun ada kalanya penyebabnya sepele saja. Kerusakan pada Adaptor carger laptop multi fungsi jika kerusakannya parah memang bila di perbaiki tak sebanding dengan harganya dan mending beli baru saja dari pada susah susah mereparasinya.

klerusakan pada Adaptor Carger Acmatik

Namun seringkali kerusakan MATI TOTAL pada carger laptop multi fungsi ini penyebabnya sepele saja, jadi tak apalah di perbaiki kerusakannya yang tak begitu memekan waktu dan tenaga. Mati total pada Carger laptopp Multi funsi sering sekali disebabkan hanya karena putusnya satu resistor yang besar nilainya resistansinya saja. 

Untuk memastikan kerusakannya Pertama coba cek kabel ac powernya. mungkin saja kerusakan mati total Adaptor Carger multi fungsi karena putus kabel input tegangan AC listriknya.
setelah di pastikan kabel AC baik baik saja bongkar Casing Adaptor Carger lalu periiksa kabel Output DCnya Pernah juga Mati Total karena Short/konslet, nyambung kabel bel positif dan negatif pada kabel Output DCnya.
Setelah di pastikan Kabel Output Dc Baik Baik Saja Selanjutnya adalah Kerusakan Sepele yang Sering Terjadi Pada Adaptor Carjer Ac Matik adalah putusnya resistor nilai ohm nya besar. untuk mengeceknya pasang kabel Input Ac Power yang telah terhubung dengan listrik lalu cabut lagi dan short/korslekan kedua kaki elco sekian uf 400volt. bila elco masih menyimpan tegangan besar kemungkinan yang rusak adalah resistor Kilo Besarnya. yang bisanya dari kaki positif elco power 400volt menuju salah satu kaki IC osilator rergulator ini. lepas salah satu timah solderan kakinya dan ukur dengan sekala 10K ohm. jika ternyata putus ganti dengan nilai yang sama atau beda dikit juga ga papa. 
Itulah kerusakan yang Sering terjadi Pada Kebanyakan Adaptor Carger Ac Matik yang banyak kasus kerusakannya karena Putusnya resitor yang mensuplay catu daya untuk Ic Osilator pada Adaptor Carger Acmatik.

TV SANYO MATI SETELAH NYALA TERLALU LEBAR KE ATAS DAN KE BAWAH. Kali ini di sini akan berbagi pengalaman saat memperbaiki Tv dengan Merek Sanyo yang Mati. Coba di cek di nyala-kan barangkali saja masalah bukan pada televisi, coba dinyalakn benar tak  mau nyala ternyata. Ya iya lah sudah repot repot yang punya nge bawa eh masih tak percaya juga, tapi ya.. Kali aja lah, tak mau juga kan terlanjur bongkar padahal televisi tidak apa apa.
http://3.bp.blogspot.com/-SBz4I-csS6Q/UrxbwykjYrI/AAAAAAAAA40/TSxuo9kEQxE/s1600/Sanyo%2BFlat.jpg

Setelah yakin Mati Televisinya casing langsung tak bongkar dan terlebih dahulu di cek bagian fital di Transistor Horosontal, Blog power Regulator di ukur-ukur dengan ohm meter tidak ada yang mencurigakan. pengecekan dengan ohm meter tidak ada yang mencurigakan berlanjut pengukuran tegangan. Tancepin stop kontak dan saklar posisi on di B+ playback normal, 5volt normal B+Travo Basis horisontal normal, eit giliran di pindah ke kaki travo selanjutnya kok teganagan terukur nol... Dan ternyata travonya putus.

Karena tak punya travo yang sama persis maka travo coba tak bongkar inti veritnya dan ternyata bisa di sambung kumparan yang putus tadi, setelah kumparan tersambung lalu besi verit di kebalikan pada posisi sediakala dan di isolasi inti veritnya. Travo beres kembali di pasang saatnya Tv coba dihidupkan dan crack Tv mau nyala. Setelah nyala ternyata tampilan layar redup coba scren Playback di besarin masih saja ga terang dan tidak fokus begitu pula tampilan terlalu lebar ke atas dan ke bawah. Coba ganti elco B+ tidak ngefek juga, dan dugaanku mungkin karena rusak playbacnya. Playback di lepas dan meluncur ke toko sperepat elektronik untuk membeli playback yang serupa.
Setelah mendapatkan playback yang serupa langsung playback dipasang, selesai pemasangan Tv di coba Nyala kan, atur scren untuk mengatur ke terangan pencahayaan sama focus untuk mengatur fokus ke jelasan gambar dari playback, kini tampilan layar terlihat biru normal tidak redup lagi seperti sebelumnya dan antena di dipasang, gambar pun kini normal tidak terlalu lebar ke atas dan ke bawah lagi.
Itulah pengalaman saat memperbaiki Tv Sanyo dengan keluhan Mati Setelah Nyala Tampilan Vertical Terlalu Lebar, Yang kerusakan kali ini langsung ketemu penyebabnya. Gejala kerusakan mungkin sama namun banyak sekali kemungkinan penyebabnya. Tetap semangat untuk rekan rekan semua dan terus mencoba saja.

SORT/JEBOL TRANSISTOR/FET REGULATOR POWER TV POLYTRON SAlahsatu Penyebab Pesawat Televisi mati total diantara sekian banyak penyebab adalah kerusakan pada bagian regulator powernya. Tulisan kali ini adalah pengalaman saat Servis tv Polytron yang bagian pembangkit power regulator Transistor Acmatiknya memakai jenis FET. Yang di bahas kali ini adalah Kerusakan TV Polytron Mati total akibat Short/Jebol pada FET Pembangkit Power Regulator Pada Tv Polytron. Untuk memastikan Kerusakan disebabkan Short/bocor/Jebol TRASISTOR/FET silahkan lihat Cara penanganan dan langkah-langkah mana kala menangani Tv Matitotal di


KERUSAKKAN TRANSISTOR/FET REGULATOR POWER TV POLYTRON

Kerusakan Shrot/Jebol/bocor pada Transistor/FET Regulator Power Tv Polytron Pada umumnya disertai bocor/jebol pada dua Transistor kecil yang mendrive/menyetir membangkitkan FET ini. setelah di pastikan FET Jebol/Short  Cek juga Transistor kecil-kecil yang menyetir/drive membangkitkan Fet power untuk bekerja, cek juga Dioda-dioda Zener yng berhubungan di semua rangkaian regulator ini serta cek Resistor-resistor yang mungkin putus atau melar menjadi lebih besar nilai resistansi/hambatan dengan yang semestinya. Ganti semua komponen yang rusak.
Kerusakan yang Paling umum menyertai Short/Jebol/bocor Fet Power pada TV Polytron Adalah jebol/bocor dua Transistor kecil di dekatnya serta Zener dioda di bgian Regulator power ini. Pastikan Zener dioda dalam keadaan baik dengan melepas dan mengukurnya tanpa terhubung dengan komponen lainnya. Jebol atau mungkin bocor Sedikit Pada dioda-dioda zener serta melarnya/meningkat menjadi lebih besar nilai resistansi/hambatan pada resistor di bagian ini jika tidak terdeteksi bisa saja menyebabkan Seolah olah kerusakan terseleseikan karena tv sudah bisa nyala normal akan tetapi Televisi tidak awet dan kerusakan serupa terulang lagi.
So pastikan semu komponen pendukung Komponen utama baik baik saja

SERVIS TV ADA SUARA TIDAK ADA GAMBAR-- macam macam kerusakan Tv saat suara normal namun gambar tidak muncul juga. Beragam penyebabnya Tv tak ada gambar padahal suara normal, mulai dari yang paling sederhana sampai rusaknya komponen fital. Untuk mencari kerusakan apa sebenarnya yang menyebabkan gambar tidak tampil begini bisa dimulai dari hal yang paling ringan dahulu karena sangat mungkin saja kerusakan hanya sepele.Kerusakan yang menyebabkan Tv suara normal tapi gambar tidak ada diantaranya yang penulis pernah alami

TV ADA SUARA TIDAK ADA GAMBAR

RETAKNYA TIMAH SOLDERAN YANG MENGHUBUNGKAN KOMPNEN SATU DENGAN KOMPONEN LAINNYA.
Hal ini sering bahkan paling sering penulis alami di mana hilangnya gambar pada layar televisi karena retaknya timah solderan yang mematri komponen satu dengan lainnya, sebelum mensolder ulang sebaiknya bersihkan dahulu papan PCB nya kalau perlu pakai sikat kawat sehingga terlihat semua yang retak dan yang berpotensi akan retak juga bisa langsung terdeteksi.


FILAMEN HEATER PADA TABUNG BELUM MENYALA
Tidak munculnya gambar pada layar televisi juga sering disebabkan tidak nyalanya lampu filamen heater pada ujung tabung CRT. Penyebabnya-pun beragam di antaranya
  • Retak solderannya jika ini terjadi sudah teratasi pada langkah pertama 
  • putusnya resistor filamen heter ini cek dan ganti bila memang putus 
  • rusak pada soket CRT hal ini juga sering terjadi ganti soket dengan yang bagus tentunya 
  • Tidak ada dari sumbernya catu daya untuk filamen heater suber catu daya untuk heater ada beberapa, diantaranya dari playbac, regulator atau ada juga harus melalui IC segala cari apa penyebabnya dan swbagai jalan pintas untuk nyalanya filamen heater bisa dengan kabel dari groud(gnd) lalu di lilitkan pada ferit playback menuju filamen heater ini
  • putusnya filamen heter walau hal ini jarang trjadi mungkinsaja filamen tidak menyala karena mema putus kalau memang putus apa mau dikata kudu ganti CRT tentu ya 
penyebab tidak ada gambar selanjutnya

PLAYBACK BELUM BEKERJA
Beberapa kasus tidak ada gamabar walau suara normal disebabkan playback belum bekerja:
  • Cek catu daya tegangan B+ pada playbacnya bila normal 
  • cek tegangan untuk basis transistor horisontalnya mungki belum ada catu daya untuk B+pada trafo osilatormya atau mungkin rusaknya transistor pada trafo ini atau bahkan mungkin karena rusaknya travo ini. 
  • atau mungkin karena rusak pada playback itu sendiri yang harus di ganti dengan yang bagus.
Bila sema di atas di pastikan bagus mungkin

RUSAK PADA IC WARNA
untuk Tv yang RGB menggunakan IC mungkin saja tak tampilnya gambar padahal suara normal di sebabkan rusak pada IC Warnanya, sedang untuk Tv yang menggunakan Transistor rusak salah satu transistor nya tidak sampai menyebabkan gambar hilang sama sekali melainkan hanya menyebabkan eror pada warnanya saja.
Kemungkinan selanjutnya

RUSAK PADA IC CHROMA
Bila di pastikan kemungkinan kemungkinan di atas tidak ada masalah tak, coba ganti IC CHROMA dan bila kerusakan masih sama saja, bisa jadi sebenarnya penyebabnya hal sepele namun belum terdeteksi saja perhatikan fisik komponen komponennya ganti yang mencurigakan sebagai contoh elco-elco atau tr tr pendukung misalnya, Bila sekian lama belum ketemu juga tinggalkan dahulu sejenak untuk yang lainnya, bila sudah ada mut untuk mencobanya lagi baru dicoba lagi setelahnya semoga dengan semangat baru ketemu masalahnya. Semoga sukses untuk kita semua.
TV POLYTRON HANYA BISA MENERIMA SIARAN TVRI. Pengalaman Memperbaiki televisi Yang di ulas kali ini adalah saat memperbaiki Tv Polytron dengan keluhan hanya bisa menerima siaran VHF atu hanya siaran TVRI saja yang bisa di tangkap. sedang siaran stasiun Televisi lain Yang di chanel UHF tidak bisa diterima.
Coba dengan auto scan siaran di chanel UHF tidak nyantol sama sekali dan hanya VHF saja yang nyantol dan tersimpan, Coba dengan manual search yang ada hanya VHF dan Chanel UHF tidak ada sama sekali.
Dari gejala seperti itu coba di cek tegangan-teganan Semua trrukur normal-normal saja. Coba ganti tuner juga tidak ada perubahan.
Setelah cari-cari kerusakan ukur sana ukur sini belum ketemu terpikir untuk mengukur transistor  kecil kecil A102 berjajar tiga di dekat tuner, di sedot timah soderan pada masing masing Transistor dua kaki hingga tidak terhubung dengan jalur. dari pengukuran tiga transistor itu terlihat satu transistor bocor.
Digantilah transistor A102 yang rusak bocor ini dengan Dengan tr yang bagus, setelah pengantian transistor itu Tv di coba dengan Auto search dan nongol satu persatu siaran tv yang semula hanya bisa menerima siaran VHF atau hanya bisa menerima siaran TVRI saja, kini Semua siaran Sudah Bisa di terima.

TV BERWARNA TAMPILAN HITAM PUTIHPengalaman didalam mereparasi yang akan saya tulis kali ini adalah saat memperbaiki televisi jadul merek Panasonic. Servisan kali ini datang dengan keluhan tampilan normal hanya warnanya saja yang tidak ada, adanya hanya warna hitam dan putih saja. Selanjutnya setelah mendengar keluhan dari pemiliknya televisi takcoba dan memang warnanya hanya hitam  putih saja.
Setelah mengetahui gejala kerusakannya casing kubongkar lalu tak solder ulang patrian-patrian komponennya. Setelah selesei tv taknyalakan namun masih samsaja warna tetap hitam putih alias hilang berwarnanya. Selanjutnya ku gnti elco-elco GRB namun juga tidak ngefek.
Selanjutnya takamat-amati lagi fisik dari komponen-komponennya sambil takgoyng-goyang eco-elco dan komponen-komponen lainnya hinga jari menyentuh crystal. Coponen terbunkus stanlis sthil ini terasa goyang seperti patah kakinya. Setelah taklepas ternyata benar-benar patah pada pangkal solderannya. Maka tak sambung kaki crystal tadi dan takpasang lagi.
Selese pemasangan pin crystal tadi televisi saya nyalakan dan kini muncul sudah si Merah Hijau Biru. Tamplan kini telah berwarna dan ketemu lah penyebab hilangnya warna RGB ynag menyababkan tv Warna berubah tampilan menjadi hanya Hitan Putih saja. 

TAMPILAN LAYAR TV MELENGKUNG-LENGKUNG TERSERET DARI KANAN KEKIRI--  Servisan kali ini datang televisi China 21” merk Bomba dengan keluhan tampilan gambar seperti riak-riak air yang mengalir/melenkung-lengkung dari kanan kekiri hinga tmpilan gambar tidak karuan, namun suara terdengar normal-normal saja.
Setelah mengetahui gejala kerusakan, casing saya buka dan lansung saya solder ulang semua bagian-bagian yang retak dan yang rentan terhadap keretakan terutama komponen-komponen yang panas berlebih. Selesei solderulang tv saya nyalakan untuk melihat hasilnya, namun ternyata masih sama saja tak ada perubahan.

Perkiraan saya kerusakan terjadi di bagian vertical, maka elco-elc dibagian vertical saya ganti semua namun setelah tv saya coba nyalakan ehhh masih sama saja ga ada perubahan sama sekali, tanpa piker panjang ic verticalpun saya ganti karana sudah pernah mengalami hal demikian disebabkan karena rusaknya ic vertical. Setelah pengantian ic vertical tv coba saya nyalakan terrnyata juga nassih tetap sama.
Semuaq bagian vertical saya cek dan sepertinya normal semua. Karena bingung belum tau kerusakan di bagian mana, maka iseng-iseng elco yang untuk RGB walaupun terlihat masih bagus saya coba ganti dengan yang baru.
Elco Untuk RGB saya ganti dengan 47uf250vol dan selesei pengantian elco tersebut Tv saya nyalakan dan byak . tampilan sudah tidak melenkung-melenkung terseret dari kanan kekiri alias alias sudah normal kembali.
Teryata kerusakan haya pada elco RGB namun pengantian kok macam-macam hehehe, yang rusak apa yang diganti mana. Namun takapalah yang penting kelar juga.

TV GAMBAR MELIPAT DI SAMPING---   Di posting kali inisaya share pegalaman ku servis tv dengan kerusakan gambar di layar melipat di samping. Beberapa saat lalu datang servisan tv merk AGATRON, tv ini adalah tv rakitan dengan mesin china dengan ic tunggal.
Tv saya coba saya nyalakan dan tampak tampilan di layar melipat di samping bagian kanan dan tampilan di layer tidak penuuh. Pikirku menduga kerusakan paling terjadi karena rusaknya elco-elconya.
Maka casingpun langsung saya buka dan saya perhatikan fisik dari komponen komponennya, dan masih terlihat bagus semua. Semula saya menduga kerusakan pada elco-elconya namun karena secara fisik masih terlihat bagus semua, dan semua timah solderan masih terlihat rapat semua, maka tv saya coba sya nyalakan lagi ebentar dan saya matiakan lagi.
Secara tidak sengaja tangan saya memegang deflexi youke dan terasa di telapak tangan panas tidak sebagai mana biasanya.
Maka langsung kuamati deflexi youke yang mana tv ini mengunakan tabung monitor 17 inchi merk Philiph  dan ternyata sambungan modifikasi defleksi ini ada yang terbakar. Karena defleksi monitor kalo di gunakan untuk tv harus di modifikasi terleihdahulu.
Setelah smbungan defleksi yang ada sebagian yang kebakar tadi seya samung ulang Televisi coba saya nyalakan dan ternyata tampilan di layar bisa tampil penuh dan tidak melipat di pingir lagi alias nyala normal.

TV MESIN CHINA MATI SETELAH NYALA TIDAK DAPAT MENERIMA SIARAN.--  Dalam posting kali ini coba akan saya Share Pengalamanku Beberapa saat yang lalu, yaitu saat mereparasi tv yang mana mesin dari tv ini telah diganti dengan mesin China, yang mana keluahan dari pemilik tv ini adalah mati total.Pertama-tama tv saya coba nyalakan, Saya colokin jack pada stopkontak dan ternya memang benar-benar mati total  (yaiyalah wong’ok ra percoyaonan timen heheheh). Lansung tutup casing saya buka dan saya lakukan langkah-lankah sebageimana posting saya yang terdahulu TV DAN MONITOR MATI TOTAL POWER TIDAK KERJA.

Setelah pengecekan saya dapati sekring/fuse putus.  Dan saya lakukan sebageimana posting diatas. Semua bagian-bagian fital saya cek dan tenyata keliahatan seperti normal-normal saja. Mesin kali ini mengunakan ic program LSC863532, dan ic crhoma LA76818.
Karena saya kira semua bagian fital normal-normal saja maka fuse/sikring langsung saja saya ganti dan tvpun saya coba nyalain, saklar posisis on dan jack saya colokin ke stopkontak dan mak Dhush. Fuse/sikring putus kembali.
Ternyata bagian powernya belum normal alias masih bermasalah. Laongsung saja saya cek semua komponen komponen pada power Regulator, namun dari pengecekan dengan tester ohmmeter semua terlihat seperti normal.
Setelah beberapa saat belum ketemu juga masalahnya, coba coba saya lepas komponen yang buat gosing yang namamanya juga belum tau aku. Komponen yang nilai resistansinya bertambah besar apabiala panas yan di gunakan untuk degaussing ini saya lepas dan saya goyang-goyang, kok agak kocak. Walaupun saya tes dengan tester ohometer sepertinya normal tapi saya curiga pada kerusakan komponen ini.
Maka fuse/sikring saya ganti dan tv saya coba nyalakan tanpa degaussing. Saya colokin jack pada stopkontak dan crakh.. fuse/sikring tidak putus dan tv pun sudah mau nyala.
Komponen yang untuk degaussing tadi saya ganti dan tv saya nyalain, ternyata tidak masalah dan atenapun saya pasang. Namun tidak satupun siaran yang ditampilakn. Ooo masih ada lagiu masalahnya yakni:

TV TIDAK DAPAT MENERIMA SIARAN. Yaa ternyata masih adalagi kerusakan lainnya. Saya coba cari otomatis maupun manual tak satupun siaran yang tertangkap.
Maka berlanjut mencari penyebab TV Tidak Dapat Menerima Siaran. Setelah pengecekan sana-sinia maka ketemualah tegagan 5vol tidak dapat sampai pada Ic LA76818 tegangan menghilang saat melalui L102 karena teryata inductor ini dalam keadan putus.
Setelah pengantian komponen tersebut tv saya nyalain dan lansung tak cari siaran dengan auto tuning. Maka satu persatu siaran tertangap dan komplit semuanya. Dan syukur alhamdulillah akhirnya selesei juga.

TV SHARP BOCOR PLAYBACK JADI PROTEK-- Protek pada Tv Sharp bisa dibilang sempurna sedikit saja terjadi ketidak beresan langsung protek Bekerja sehinga Tv Sharp mati standbay dan tidak mau kerja. Dan kali ini sekedar berbagi pengalaman saat memperbaiki tv Sharp Yang Proteck karena Bocor Pada Cop Playback.
Tidak semua bocor Playback pada Tv sharp menyebabkan Protek karena beberapa kali mengalami Tv Sharp Bocor pada body playback tidak terjadi protek dan terus menyembur api dari bodi ke pendingin Horisontal. Dan Playback Di tambal sembuh sudah bocornya. Di posting terdahulu telah diulas Cara Mengatasi Bocornya Playback
dan kali ini sekedar berbagi pengalaman saat mendapati Tv Sharp Alexander 21" yang mana saat pertama kali dihidupkan dari tombol power Televisi seakan mau nyala dan berbunyi mendesis sebentar lalu mati Stanbay dan terprotex., di pencet power remot maupun dari chanel tidak ada respon apa-pun. 

Setelah mengetahui gejala kerusakan langsung casing belakang saya bongkar lalu kembali lagi saya nyalakan untuk mengetahui suara desis Tv ini dari mana dan ternyata Cop Plyback yang menempel di tabung/crt berlubang sehingga api menyembur sesaat lalu Tv mati Stanbay. 
Pertama-tama saya tidak yakin kalau protex disebabkan bocor-nya Cop Playback karena pengalaman sebelumnya bocor pada bodi aja pernah tidak menyebabkan protek, maka langsung saja saya coba solder ulang patrian kaki-kaki komponen-nya, Setelah selesai solder ulang Tv coba Saya nyala-kan dan masih sama saja Tv Sharp Terprotex dan Mati Standbay. 
Lalu saya coba ganti Cop Playback Yang menempel pada Tabung yang Sudah jelas-jelas terjadi kerusakan karena ada lubang yang menyebabkan kebocoran tegangan tinggi pada Playbak dan menyemburkan api hingga terdengar suara mendesis. cop yang lama dilepas dan di ganti dengan cop bekas Playback Monitor yang walau bekas masih lentur dan bagus dan tidak cacat.
Penggantian Cop selesai dan Tv Saharp yang Semula Bocor cop playback dan terprotek ini Saya coba nyala-kan dan ternyata mau nyala sempurna tak Terprotek dan Mati Standbay lagi. Setelah Tv berhasil nyala maka antena coba saya colok-kan dan gambar di layar tampil sempurna. 
Alhamdulillah Selesai sudah Tv Sharp Alexander 21" yang mati Stanbay terprotex ini Yang ternyata Sepele saja masalahnya. Dengan ganti cop Playbak teratasi masalahnya karena memang baru kali ini mengalami Tv Sharp yang Karena Bocor pada Playback menyebabkan Protex

LCD CINA MATI TOTAL-- Kebanyakan Lcd monitor merek-merek keluaran  Cina dan beberapa merek ternama biasanya catu daya di suplay dari adaptor external,untuk kasus Lcd Monitor Mati total yang mana catudaya disuplay adaptor external pastikan dulu masalah bukan pada adaptornya. Coba adaptor monitor yang mati itu pada monitor lainnya, atau ukur pakai tester tegangannya. Namun untuk pengukuran pakai tester terkadang terlihat normal namun sebenarnya adaptor tersebut bermasalah. untuk memastikan bisa tes pakai beban bolam lampu 12volt misalnya, jika nyala normal berarti bagus jika ternyata tak  mau nyala atau nyala tapi redup bisa jadi yang bermasalah bukan pada Lcd monitor melainkan pada adaptornya.
Setelah memastikan kerusakan bukan pada adaptornya barulah kerjakan untuk oprek Lcd monitornya. pertama bongkar casingnya, Lepas baut baut yang menguncinya dan kebanyakan lcd monitor untuk mengunci casing bukan mengandalkan baut melainkan dikunci oleh pengait di kedua sisi casingnya. untuk membuka casing yang terkunci oleh pengait pada kedua sisi casing dengan aman dan meminimalkan lecet pada casing telah ada diulas di posting

Setelah casing terrbuka periksa jack Konektor masuknya tegangan 12volt, Sering terjadi Kerusakan mati total penyebabnya hanya pada kurang sempurnanya sambungan pada konektor ini. lalu periksa kabel dan solderan kabel pada mesin Lcd. pastikan dengan tester kabel tidak putus dan solderan Kabel pada mesin lcd tidak retak, putus pada Kabel serta retaknya solderan Kabel power sering sekali terjadi yang menyebabkan LCD mati total.
Apa bila hal hal di-atas oke semua dan tidak terjadi masalah selanjutnya periksa tegangan 3volt pada panel, apa bila tegangan tidak sampai periksa kabel panel itu mungkin masalah di situ, jika tegangan sampai di situ periksa swit on of  berfungsi apa tidak. Bisa di ukur dengan ohm meter lalu mainkan swith nya normal atau tidak atau coba nyalakan lcd dengan menjumper siwt on/off tersebut, bila lcd mau nyala tombol swit on/of ini biangkeroknya. Rusak swit on/off Sangat sering terjadi pada Lcd hinga menyebabkan Lcd mati total.
Apa bila tegangan tidak sampai di panel atau tegangan sampai pada panel namun tidak mau di sith on kemungkinan terjadi kerusakan pada mesin LCD nya. bila kerusakan terjadi pada mesin nya harus ada kanibal-nya jika tidak anggap tamat saja tutup kembali casingnya. Jika ada kanibal-nya yang serupa tinggal ganti saja. atau bila ada mesin serupa bisa kopi data ic memori-nya. sering sekali terjadi kerusakan data pada ic memori menyebabkan nonitor eror bahkan mati total. 
Demikian kerusakan LCD monitor yang sering terjadi pada Lcd monitor yang memakai adaptor external Yang aku ketahui dan masih banyak lagi penyebab kerusakan yang lainnya yang belum Saya ketahui. Semoga bermanfaat, dan jika masih ada waktu luang baca juga artikel artikel lainnya di lis di bawa post Lcd Cina Mati Total

LCD / LED KADANG-KADANG MATI/TAMPILAN BERKEDIP---- Kali ini akan saya share pengalaman saat memperbaiki LCD Samsung. Adapun indikasi kerusakan nya , sebenarnya tampilanya normal-normal saja namun yang sangat mengganggu kadang-kadang berkedip led indikator power mati dan gambar dilayar hilang sekejab lalu tampil normal lagi. Kasus kerusakan seperti ini bisa terjadi pada LCD/LED Monitor maupun LCD / LED TV.
Gejala kerusakan seperti itu biasanya disebabkan karena ada diantara switch panel yang eror, untuk memastikan penyebab kerusakan dari switch/tombol panel, bongkar dahuulu kesingnya. Kebanyakan Lcd Samsung casingnya terkunci pada pengait bukan dengan baut. Untuk membuka casingnya congkel bagian bawah dan samping casing dengan pengungkit khusus yang berbahan plastik yang biasa di jual di toko tool kit, kalao tidak ada bisa berkreasi dengan alat yang ada semisal gagang sendok plastik yang tebal dan kuat dan agak dipipihkan ujungnya, atau alat lainnya yang penting dari bahan plastik dan kuat untuk mengungkit.
Sebenarnya lebih mudahnya pakai saja obeng pipih, didalam mengungkit untuk membuka akan jauh lebih kuat namun resiko lecet pada kasing jauh lebih besar bahkan sulit dihindari kelecetan pada casing saat membuka dengan pengungkit yang terbuat dari besi. Sedangkan dengan pengungkit yang terbuat dari bahan plastik mungkin akan sedikit repot namun kelecetan pada casing dapat di hindari seminim mungkin.
Setelah pengait yang ada di bawah dan samping kasing terlepas angkat kasing keatas sehinga pengait bagian atas terlepas dan kasing pun terbuka, Setelah kasing terbuka selanjutnya nyalakn LCD / LED, lalu setelah nyala cabut konektor pada kabel kabel switch/panel, bila keluhan kadang-kadang mati/berkedip tidak terjadi lagi berarti kerusakan terjadi karena erornya switch pada tombol. Biasanya kerusakan terjadi pada erornya salah satu swit dari tombol-tombol panel itu. Namun kadang erornya tidak terukur oleh Ohm meter, daripada susah susah mencari tombol mana yang eror ganti saja semuanya dengan swit baru.
Bila semua sudah oke pasang lagi swit dan LCD/LED Nyala Normal dan tidak mati sekejap alias brkrdip yang membuat mata sakit dan tak nyaman memakenya. Itu tadi tips dari pengalaman saat memperbaiki LCD Samsung yang tampilan Normal namun terkadang mati sekejab atau berkedip.

TV POLYTRON MATI INDIKATOR POWER NYALA REDUP--- Kali ini saya share pengalaman saat servis Politron MX minimax nicam & zweiton stereo dengan keluhan tv dihidupkan tidak mau hanya indikator power nyala redup di start dengan memencet tombol canel maupu dari power remot tidak ada respon. Casis tv ini memakai ic crhoma stv2247c, ic program ST638801
Setelah mengetahui gejala kerusakan, langsung saja casing belakang aku buka dan karena banyak sekali debu menempel di sasis dengan sangat tebalnya, maka langsung bersihkan debu-debu yang menempel dengan kuas setelah bersih dari debu terlihat beberapa elco plastik pembungkusnya menyusut karena panas.
Lansung elco c515 c513 10uf50volt c512 100uf16volt dan c505 1000uf25volt dan dan semua elco-elco yang terlihat mencurigakan di ganti dengan yang baru dan solder ulang patrian komponen-komponennya.
Selesei pengantian elco-elco dan solder ulang semua patrian komponen-komponennya tv coba di nyalakan dan tvpun bisa nyala normal, namun setelah mesin dingin penyaki nypun kembali lagi.
Cari apa penyebab belum ketemu juga Maka Kuganti saja Elco C507 47,100 yang mensuplay 50volt B+ travo silator/basis Transistor Horisontal. Lemahnya elco tersebut biasanya menyebabkan tv di star stanbai lagi, di start kembali lagi.
Walau beda gejala tetap saya coba ganti saja elconya. Setelah pengantian elco tersebut tv pun berhasil star dan sembuh sudah enyakit Polytron mati stanbay indikator Power nyala redup.

PENGGANTI PLAYBACK TV--- Saat servis Tv dengan kerusakan Playback terkadang menemui Playback yang terpasang sudah hilang nomor serinya atau nomor seri playback asli yang rusak tadi dicari-cari di pasaran tidak ada, sehingga kesulitan didalam menemukan plyback pengganti. Dibawah ini adalah data-data persamaan playback tv yang bisa di gunakan sebagai rujukan dalam mencarikan Playback pengganti. Data diambil dari Blog Alextro Servis, Brikut datanya beserta urutan pin/kaki-kakinya:
Pin Flyback dilihat / dihitung dari bawah searah jarum jam.
AKARI / FUJITEC China 
  • 14" BSC22 - 01N401
  • 20" BSC24 - 01N40TA
  • 14" BSC25 - 1194 
  • 20/21" BSC25 - 4803T 
  • 14" BSC22 - 2007 (B+125)
  • 20" BSC25-N0803A
COL_B+115V_NC_AFC_GND_H_ABL_NC
AKIRA
  • 14" JF0501 - 1901
  • 21" BSC23 - N0114
COL_B+115V_GND_185V_H_ABL_GND_16V_NC_24V
AKIRA Vert +14v dan -14v 
  • 21" JF0501 - 19959
  • 21" BSC25 - 0235A
  • BSC25-4004A
  • BSC25-N 0103
  • BSC24-01N4004U
COL_B+115V_+14V_-14V_GND_H_AFC_ABL_NC_185V 

AKIRA CT-29TK9Ae
  • JF0501-2202
Col_B+125v_Afc/Nc_-12v_+12v_Gnd_H_Abl_Gnd_180v
AKIRA Slim 29"
  • BSC29-N2477
Col_180v_B+130v_Gnd_Nc(14v)_25v_Nc(Gnd)_Abl_H_Inner

AKIRA / FUJITEC IC8893CPBNG.......
  • 21" BSC25 - 05N2135H
  • 21" BSC25 - N0379
  • 21" BSC25 - 3604V
COL_B+115V_NC_AFC_GND_H_ABL_180V
                                                                       
  • BSC22-68F03
  • BSC25-N0449
COL_B+115V_24v_AFC_GND_H_ABL_180V

ASATRON Slim
  • 21" BSC25-N1089D
Col_B+115v_+17v_Afc_Gnd_H_Abl_Nc_180v_-17v
AIWA 14/20"
  • 84-L83-606-01
  • FTK 14B011 
COL_B+115V_24V_GND_185V_H_ABL_GND_AFC_12V  
DETRON 
  •  14" 154 - 164F 
  •  20" 154 - 165D
  • 20" JF0501-1212
24v_14v_B+115V_H_AFC_ABL_GND_185V_NC_COL

SHARP 
  • 14" F0067PE
  • 20" F0069PE 
COL_B+115V_24V_16V_NC_AFC_GND_H_185V_ABL
  • 21" F0147PE
COL_B+115V_GND_24V_12V_AFC_185V_GND_H_ABL
  • 14" F0193 / 21"F0194
  Col_B+115V_GND_40V_12V_AFC_185V_GND_H_ABL
SHARP Picollo, Expression, Alexander
  • 14" BSC26-2631S / FA060 WJ - SA 
  • 14" BSC21-2672S/ FA084WJ-B
  • 21" JF0501-32601 / FA071WJ - A
  • 21" BSC25-0232A / FA104WJZZ
  • 21" BSC24-2688S / FA113WJ-B
COL_B+125V_NC_24V_12V_AFC_185V_GND_H_ABL
  • 29" FA100WJ / FA116WJ
Col_B+125v_Gnd_Nc_+14v_-14v_180v_Gnd_H_Abl


GOLDSTAR / LG / AKARI / INTEL
  • 154 - 177B
  • 154 - 064P
  • 154 - 374C (29 inch)
  • 6174 - 8004A
  • 6174Z - 6040X 
  • MF6549
  • FCM - 20B058
COL_185V_B+115V_GND_16V_24V_40V_ABL_H_AFC
  • 6174Z - 6040C (LG Turbo Swing 21")
Col _185v_B+115v_Gnd_-14v_+14v_Nc_Abl_Ht_Afc
  • 154 -177E COL_185V_B+90v_BOOST UP_25V_12V_GND_ABL_H_AFC

JVC
  • 21" BSC25 - 0262
COL_B+115V_AFC_NC_24V_GND_H_ABL_185V_ GND

JVC AV20NX
  • 21" JF0501 - 3241 / QQ0189 - 001
 Col_B+115v_ AFC_-12V_+12V_Gnd_HT_ABL_185v_Gnd
FUJITEC lama

  • BSC22 - 2314H
  • JF0501-1903
  • FCM14A032
  • KFS 60844
COL_B+115V_180V_16V_24V_H_GND_ABL_AFC_NC

HITACHI FUJIAN
  • BSC25 - 0820
Col_B+115_Nc_Nc_25v_12v_Abl_Ht_Gnd_180v
PANASONIC
  • TLF14695F/Alpha Gold
  • TLF 15610 F
  • TLF 15611 F
  • KFS60844
Col_B+_Gnd_PS sink -_25v_Ht_185v_Abl_Nc_PS sink+
  • 20" TLF 4N052
Col_B+115v_Nc_24v_H_180v_Gnd_Gnd  (R2W 1 ohm)_16v_ABL
  • ZTF N82014B
Col_B+140v_Nc_+16v_Gnd_H_Gnd_ABL_-16v_ 180v
  • 21" G4GAM3F2

Col_B+90v_180v_Nc_Nc_Nc_Nc_Abl_Gnd_Ht


SANSUI
  • JF0501 -1206
  • JF0501-1204
COL_B+115V_185V_16V_24V_H_GND_ABL_AFC_NC
 
LG  
  • 20": 6174 - 6006E
Col_185v_B+115V_Gnd_-14v_+14v_Nc_ABL_H_AFC
  • 21" 6174V-6006H (Flat & Super Slim)
  • 21" BSC24-3366J (Super Slim)
  • 21" BSC25-N0329
  • 21" 154-064P (persamaan)
COL_185V_B+115V_GND_Nc_24V_Nc_ABL_H_AFC
  • 29" 6174Z - 5003A
  • 29" BSC28 - N2334
Col_B+115v_+14v_-14v_200v_Gnd_Nc_28v_ABL_H


LG ultra Slim 
  • 21" BSC25-N0363 
  • 29" BSC26-N2138
Col_B+115V_+14V_-14V_200V(Video)_Gnd_Inner_26V_Abl_H
LG super slim
  • 6174913002A
  • BSC24-3366J
COL_185V_B+115V_GND_Nc_24V_Nc_ABL_H_AFC

TOSHIBA
  • 14" TFB 4067 BD 
  • 20" TFB 4122 BD
  • 20" TFB 4122 HY
  • 21" TFB 4125 CH
  • 21" TFB 4213AG (Flat)
  • 29" TFB 4086A
COL_B+115V_185V_GND_NC_24V_12V_ABL_H_AFC

POLYTRON / DIGITEC
  • 20" FCM 20 B 061N 
  • 21"JF 0501 - 19577
  • 21" JF0501 - 19584
COL_B+115V_GND_NC_185V_H_NC_ABL_+12V_-12V

  • 21" JF0501-195913
  • 21" FTK-21R011UN

Col_B+115V_Gnd_185v_Nc_H_25v_Bcl_12v_Afc

POLYTRON lama
  • 14" FCK 14A006
  • 20" FCM2015H
  • 20" FTK21R002
NC_NC_GND_185V_16V_H_24V_ABL_B+115V_COL

SAMSUNG 
  • FSV 14A004
  • FSV14A001
  • FSV20A001 
16,5V_AFC_H_24/40V_180V_GND_NC_ABL_B+125V_COL
  • FOK14A001 
  • FSV-14A004C
  • FSV-14A004H
  • FSA-38031M
  • FSA-38032M
  • FSA 173 B
  • AA26-002101A
 +16,5V_24V_H_-16V,5_185V_GND_NC_ABL_B+125V_COL
  • 14/21" Flat FOK14B001
Col_NC_B+123V_NC_200V_Gnd_H_-16,5V_+16,5V_ABL
  • 21" FUH29A001A (S)

Col_Nc_B+130v_Nc(widht)_200v_Gnd_H_-16,5v_+16,5v_Abl
TV China
  • BSC 25 Z 603F
  • BSC 25 - 4813A
  • BSC 25 - N1003A
  • BSC25 - N0608
TP1_COL_TP2_B+115v_TP3_TP4_GND_H_ABL_NC(180V)
  • BSC24-014001D
  • BSC25-N0321
  • BSC25-N1534
  • BSC25-N1634
  • BSC25-Z1003
  • BSC25-Z2705    
  • BSC25-Z2706
  • BSC25-N0313
  • BSC25-F1125A

TP1_COL_TP2_B+115v_TP3_TP4_GND_H_ABL_AFC
TV China
  • BSC 25 - 2004PR
COL_B+115v_NC_AFC_GND_H_ABL_NC_TP1_TP2 

  • BSC24-01N4014K
  • BSC25-T1010A
T1_COL_T2_B+115v_T3_T4_GND_H_ABL_180V

DIAMOND (Tv China)
  • BSC24 - 2231HC
Col_B+115_40v_14v_Gnd_Afc_Abl_Ht_180v_Nc

SANYO 
  • 21" L 40 B 15300 / L40B17100 
  • JF0501-32639 (SANYO SLIM 21")
COL _B+115V_NC_185V_AFC_NC_ABL_LOW B_H_GND



SANYO SLIM FLAT 29"
  • BSC26 - 2629S part no: 1LB4L40B07500
  • BSC26 - 2670S / 1LB4L40808000 (Flat)
 Col_B+140v_Nc_Video 185v_Afc_Nc_Abl_Low B_H_Gnd
 Tr Hor D2634
TCL
  • 21" BSC25 - 0299D 
  • 21" BSC25 - 0273F
  • 21" JF0501-1914
  • BSC25 - 0231
  • 21" BSC25-0284C
  • BSC 66G (124-3810)
  • BSC25-0211
  • JF0501-1909A
  • JF0501-1214
185V_COL_AFC_B+115V_12V_24V_ABL_GND_NC_H
 
  • 21" BSC25 - 0252S
Col_B+_NC_NC_NC_AFC_GND_ABL_200V_HT
TV China 
  • 29" BSC26 - 3606A
Col_B+115V_NC_AFC_GND_H_ABL_T1_T2_T3
  • 29" BSC28 - N2329
  • 29" BSC29 - T6018N
Col_TP2_B+115V_GND_185V_NC_NC_ABL_H_AFC
  • 29" BSC26 - N0670
  • 29" BSC27 - KLX29
  • 29" BSC26 - 01N
Tp1_Col_Tp2_B+_Nc_Tp3_Gnd_Ht_Abl_180v

TV SAMSUNG 
  • 29" FUH29A001 (B+ 135v)
  • SAMSUNG FLAT SLIM 29" JF0501 - 91911 (FQH29A003) (B+125v)
  • 21" SLIM FQH21A004 / BSC25-0217G / AA26-00305A / FUH29A001B (S) (B+120/125V)
COL_NC_B+125V_NC_200V_GND_H_-16,5V_+16,5V_ABL
KONKA 
  • 14" BSC25-2023S
  • 14" BSC25 - 0106
  • 21" BSC25-2666S
  • 20" BSC25-0111
COL_185V_B+115V_GND_AFC_14V_ABL_H_NC_NC
  •  21" BSC25-0146
 Col_185v_B+115_Gnd_Nc_Nc_Abl_Ht_Gnd_Afc

SONY 21"
  • 8-598-858-00
  • 8-598-831-00
  • 8-598-811
  • 1-453-284-11
  • 8-598-960-00
COL_B+_200V_H_GND_-13V_GND_+13V_NC_ABL
SONY  Trinitron
  • 29" 1-439-423-32

H1_H2_180v_B+_Col_14V_Abl_Nc_26v_Nc_Gnd

RCA
  • 14" 6174Z - 8006A 
B+110_Col_6.5V_Gnd H_H_Abl_-12V_Gnd_180v_+12v
PHILIPS
  • 29" JF0501 - 9185
  • BSC25 - N2319
  • BSC25 - N2911
Col_B+125v_180v_Afc_H_8v_12v_ABL_45v_Gnd 
SANKEN 
  • 21" BSC24-01N4004U
  • JF0501 - 19959
  • BSC25 - 0235A
  • BSC25-N 0103
Col_ B+115_+14V_-14V_Gnd_Ht_Afc_Abl_Nc_180v

 Tv China

BSC25-F1126A
BSC24-014001D
BSC25-N0321
BSC25-N1534
BSC25-N1634
BSC25-Z1003
BSC25-Z2705
BSC25-Z2706
BSC25-N0313

TP1_.COL_TP2_B+115v_TP3_TP4_GND_H_ABL_AFC

SAMSUNG 21 SLIM FQH21A004

BSC 25-0218N
BSC25-0217G / AA26-00305A
FUH29A001B (S) (B+120/125V)

COL_NC_B+125V_NC_200V_GND_H_-16,5V_+16,5V_ABL

Iitulah data-data playback sebagai persamaan playbac tv atau mencarikan pengganti playback tv atau sebagai rujukan untuk modifikasi playbak tv saat playbak asli sulit mencarikan pengganti di pasaran atau toko-toko suku cadang

RUSAK TUNER PADA TELEVISI DIGITEK / POLYTRON-- Kerusakan Pada Tuner televisi bermacam-macam gejalanya. diantaranya siaran yang diterima bergoyang goyang, bergaris garis, tidak dapat menerima siaran dan masih banyak lagi gejala-gejala lainnya.
Kali ini saya tulis yang ku alami tentang kerusakan Tuner pada tv Digitec maupuun Polytron. Kerusakan seperti ini beberapa kali Kualami. Tuner televisi Digitec atau Polytron yang sering terjadi trobel adalah pada tuner yabg bentuknya kecil yang kali ini Tuner dengan nomer seri polytron / EWT-SF6T43-E01W 10 11185. Gejala kerusakan tuner ini bermacam macam sebagai mana yang disebutkan tadi, walaupun gejala ini bukan hanya terjadi karena kerusakan pada Tuner Televisi.
Pengalaman yang saya tulis ini saat memperbaiki Tivi Digitec 14" Dua Tvc yang sama sama rusak Tunernya. Tv Digitec ini mengunakan ic tunggal / singgel HBT-00-04G yang satu Televisi sama sekali tidak bisa menerima siaran, di Search auto maupun manual tidak nyangkut sama sekali. setelah casing belakan di lepas saya cek tegangan 33vol di kaki tuner terukut cuma 1,5 volt dan diukur tegangan sebelum R 101 tegangan utuh 33volt. R101 50kiloohm tak lepas kaki sebelah dan diukur normal-normal aja.
tuner langsung tak lepas dan dibelikan pengganti di toko, wlaau gak dapat yang sama persis namun dari posisi kaki sama tetep tak beli dan saya pasang saja, selesei pemasangan tuner, televisi dinyalakan dan antena dipasang trus auto search, Nongoldeh semua siaran televisinya dan selesei sudah permasalahannya.

sedangkan televisi yang satunya, gejalanya siaran Tv terkadang hilang, bila di search chanel terkunci, namun beberapa saat kemudian hilang kembali. tuner saya lepas dan tak bongkar lalu saya solder di komponen-komponen tuner itu. Setelah selesei tuner dipasang kembali dan televisi dinyalakan tampilan gambar sudah noramal.
diangap sudah selesei casing ditutup kembali dan dibaqwa pulang yang punya. selang tiga hari kerusakan kambuh lagi dan hingap kemeja kerja lagi. tanpa pikir panjang tunrer kulepas dan belikan baru. tuner baru dipasang dan seleseilah dengan tiada kambuh hilang siaran lagi.


http://4.bp.blogspot.com/-juBWC1ohUdY/UO4GWQy6a2I/AAAAAAAAAU0/paJrE172jpI/s200/10122012102.jpg
LAYAR TV LAMA LAMA GELAP--- Televisi ketika pertama dinyalakan tampilan gambar dilayar jelas amun setelah beberapa saat dinyalan gambar redup dan gelap. Itulah keluhan tv servisan kali ini. Tv jadul merk Goldstar, jadul banget merekya aja kini ga keluar lagi dah ganti Brand.
Setelah mengetahui gejala kerusakannya layar tv lamalama menjadi Gelap, casing di buka dan solder ulang patrian-patrian komponennya, Saya fikir gejala kerusakan televise lama lama menjadi gelap gini paling jalur di heater kendor munkin resistor atau soket patrianya longgar. Selesei solder ulang patrian komponen-komponen yang terlihat longgar dan rawan kendor tv coba untuk melihat hasilnya.
Tv dinyalakan namun layar tetap redup terlihat gelap gambarnya, selanjutnya kuganti elco 10uf160vol dari output playback untuk RGB dan elco-elco lain di ouput regulator. Setelah pengantian elco-elco, tv dinyalakan namun tampilan di layar yang semula terang lalu meredup dan gelap, masih sama belum mengatasi masahnya.
Pencarian berlanjut pada bagian bagian lainnya. Setelah cek sana sini ketemulah biangkeroknya. Ternyata ada resistor di bagian ABL playback 33kiloOhm putus. Lansung kuganti resistor pada abl dan selesei pengantian tv di coba dan Byak tampilan sedah terang  dan tidak berubah meredup.
Antenna dicolokin atur Scren dan focus, gambar cerah terlihat sempurna. Setelah beberapa saat di coba dan tidak terjadi masalah casing saya pasang kembali dan selesei juga satu kerjaan ini. Sering kita jumpai saat kita melihat acara televisi yang tiulisan maupun gambarnya pecah, hal tersebut bisa disebabkan oleh pengaturan britness dan contras pada menu tv, selain itu ada juga kerusakan tersebut disebabkan oleh kerusakan pada komponen dalam tv.
Untuk lebih jelasnya kita ikuti cara memperbaiki tv tersebut.
Berikut adala cara memperbaikitv yang tulisannua burem / pecah :
  1. Pertama atur ulang pengaturan britness dan contras nya
  2. Selanjutnya kita menuju rangkaian horizontal tepatnyan bagian komponen - komponen yang berada di sekitar Flyback, ukurlah elco yang menuju tegangan B+ pada Flyback, elco ini yang menyebabkan kerusakan tersebut, jika rusak gantilah dengan yang baru.
  3. Selain elco ada juga komponen yang juga rusak yaitu resistor yang menuju Flyback tersebut.
  4. Langkah terakhir yaitu dengan pengaturan Britness dan contras pada Flyback tv, jika ternyata salah satu atau keduanya tidak berfungsi maka yang menyebabkan adalah flyback tersebut. Kita bisa menganti Flyback dengan yang baru, selain itu juga ada cara yang dilalukan yaitu dengan cara mencangkok Flyback.
Dulu saya pernah berpengalaman dalam servis TV yang Channelnya sering pindah sendiri, hal tersebut bisa disebabkan oleh kerusakan pada antena maupun pada tv tersebut sendiri.
Caranya yaitu dengan  mengotak-atik bagian antena , lakukan pengecekan pada bagian dalammya, lalu dibersihkan dengan menggunakan air tinner ( sering digunakan untuk membersihkan peralatan elektronika) , dan disolder ulang bagian kabel yang berhubungan dengan board antenanya.
Jika hal tersebut masih tetap pindah channelnya, maka kita perlu melakukan perbaikan tv dengan cara membuka bagian dalam televisi tersebut.
Berikut langkah - langkah untuk memperbaiki televisi yang channelnya pindah sendiri :
  1. Hal seperti ini juga sering disebabkan oleh kerusakan pada switch channel
    Gantilah switch tersebut dengan yang baru, harganya relatif murah ( sekitar Rp.1000,-)
  2. Jika sudah dilakukan ternyata masih belum beres juga, lakukan langkah berikutnya dengan mengukur tegangan yang ada pada Tuner tv , Tegangan B+ / AGC/ VCC nya ada yang 5 Volt, ada juga yang 12 Volt.
    Selain itu di tuner tv juga ada tegangan yang Voltasenya lumayan besar, tegangan tersebut namanya tegangan VT / TU yang besarnya 33 - 130 Volt.
    Cek lah tegangan tersebut, Jika ternyata besar tegangannya kurang dari nilai tersebut berarti ada komponen yang rusak ataupun terbakar ( Biasanya Elco bocor : 220 uF/16 V, 100 uF/ 160 V dan dioda : 1N4002).
  3. JIka Langkah tersebut sudah dilakukan maka langkah yang terakhir adalah dengan mengganti Tuner Tv tersebut, tapi sebelum anda menggantinya, cobalah bongkar tuner tersebut lalu bersihkan dan solder ulanglah, karena solderan yang kendor pada tuner bisa menyebabkan hal semacam itu, jika masih tetap tidak berhasil gantilah tunernya dengan yang baru ( Harganya sekitar Rp. 30.000,-)
Sering kali kita menjumpai kerusakan tv yang tidak mengeluarkan gambar pada layar tv tersebut, banyak tv seperti Panasonic, Sharp, Politron, Samsung, dan tv merk china lainya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kerusakan pada ic Vertikal maupun pada Yoke dan Fly Back.
Untuk memperbaikinya, kita harus mengukur tegangan pada masing - masing komponen tersebut.
Berikut cara untuk memperbaiki tv yang tidak mengeluarkan gambar :
  1. Ukurlah tegangan B+ yang masuk pada IC Vertikal, biasanya tegangannya 24 Vdc,  jika tegangan kurang kemungkinan Ic tersebut sudah Shoot atau ada kerusakan komponen di sekitar ic tersebut.
  2. Cek lah dioda yang berada disekitar IC tersebut, ic ini sering kali rusak, selain itu ceklah elco maupun resistor yang menuju kaki B+ Ic vertical.
    Nilai Elco pada rangkaian Vertical : 100 uF/35 V, 220 uF/35 V, 470 uF/35 V, 1000 uF/35 V.
    Tipe Ic vertical pada TV : LA 7840,LA 7841,LA 78040,LA 78041, TA 8445, ST 9302.

    Jika Ic vertical ini rusak, maka tv tidak akan menampilkan gambar dan dilayar tv pun juga jga muncul garis tengah.
  3. Untuk langkah berikutnya, kita coba untuk mengecek bagian yoke, Yoke sering kali terjadi hubungan singkat, atau sering juga kebakar.Ceklah menggunakan Multimeter pada posisi Ohmeter, jika ada hambatannya berarti Yoke ini masih dalam keadaan baik, tapi jika tidak menunjukkan nilai hambatan maka yoke ini sudah rusak atau kebakar, dan harus diganti.
  4. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengecek Fly back, jika pada waktu dinyalakan heater yang terletak di ujung tabung bagian belakang tidak nyala, maka gambar dilayar TV pun tidak akan tampil.
    Ukurlah tegangan B+ pada kaki Fly back, tegangannya berkisar 90 - 130 V, Jika tidak ada atau mungkin kurang, kerusakan disebabkan pada Elco B+  100 uF/160 V atau 220 uF/160 V.
    Tegangan pada Heater sekitar 2 - 5 V.
    Jika ternyata Flyback nya rusak maka gantilah dengan yang baru.
Tv yang dihubungkan ke vcd/ dvd sering dilakukan dalam kehidupan sehari - hari, hal tersebut mungkin kita ingin mencari suasana yang berbeda dengan acara - acara tv , dengan kata lain "Bosen dengan TV pindah VCD/DVD", ya hal tersebut wajarlah kita lakukan untuk menghibur diri kita sendiri, ingin nonton film horor, ingin nonton film lucu, kartun, ingin mendengarkan musik dll.
Tapi jika pada waktu asyik - asyiknya nonton itu semua, tiba - tiba warnya pada layar video tv tidak ada dan gambarnya hanya hitam putih, terus apa yang anda lalukan???Padahal kalau nonton TV tidak begitu, tapi kalau disambungkan ke VCD ataupun DVD pasti hal tersebut terjadi.
Ya pastinya anda jengkel dan marah, tapi santai saja , disini saya akan memberi tahu anda, langkah apa yang harus anda lakukan jika itu terjadi pada diri anda.
Untuk lebih jelanya kita ikuti langkah - langkah yang harus dilakukan :
  1. Langkah pertama yaitu dengan mencolok cabut kabel penghubung antara Tv dan DVD ( Connector RCA ). Jumlahnya biasanya ada 3 :
    • Warna merah untuk audio L/R
    • Warna putih/ hitam juga sama untuk audio R/ L
    • Warna Kuning untuk Video.
      Yang harus di cek adalah kabel yang warnya kuning, jika ternya rusak gantilah dengan yang baru.
  2. IC switch Video rusak, letaknya dibelakang RCA Female pada tv.
    Gantilah IC Video tersebut dengan yang baru.
  3. Selain itu juga bisa disebabkan oleh Flyback bagian Screen kotor, anda bisa mengganti Flybacknya atau bisa juga dengan cara mencangkok flyback tersebut.
Dalam sebuah televisi tentunya ada suatu rangkaian audio yang fungsinya sebagai output suara yang dihasilkan oleh tv tersebut. Jika televisi tersebut tidak mengeluarkan suara rasanya berarti ada kerusakan pada rangkaian audio tv yang diakibatkan oleh rusaknya sebuah komponennya.
Selain itu ada juga televisi yang tidak mengeluarkan suara yang diakibatkan oleh kesalahan pada setingan frekuensi suara yaitu besarnya 5,5 Mhz.
Untuk lebih jelasnya, kita ikuti cara perbaikannya dibawah ini.
Berikut adalah cara untuk memperbaiki tv yang tidak ada suaranya :
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan  yaitu dengan melihat setingan suara pada layar tv, sebesar 5,5 Mhz.
  2. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengecek loudspeaker, ceklah dengan menggunakan Multimeter yatu pada posisi Ohmmeter, hubungkan kabel proof multimeter dengan kaki speaker, apabila bunyinya ' krek-krek' berarti loudspeakernya masih dalam keadaan baik, Jika tidak berbunyi berarti loudspeakernya rusak dan harus diganti.
  3. Selanjutnya yaitu dengan mengukur tegangan yang masuk pada IC audio, tegangannya  antara 14 - 20 Vdc, Jika tegangan kurang dari nilai tersebut berarti ada komponen yang rusak , komponen yang sering rusak tersebut yaitu Dioda yang menuju tegangan tersebut dan Elco ( 470 uF/25 V atau 470 uF/50 V).
  4. Jika komponen tersebut tidak ada yang rusak, bisa dipastikan kerusakan tersebut dikarenakan oleh Ic Audio yang sudah rusak ( Tipe IC Audio yang sering digunakan : AN 5265, TDA 2003, TDA 2006, TDA 7075 dan  LA 4285). Sebenarnya kerusakan tersebut sangat mudah diperbaiki sendiri, Anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, selain itu juga bisa digunakan untuk servis tv orang lain.
    Selamat mencoba, Semoga berhasil.
Mungkin kita jengkel dengan kejadian seperti ini. Malam - malam waktunya berkumpul dengan keluarga untuk menikmati acara pada layar televisi, tangan mulai menancapkan kabel jack tv ke tegangan PLN, lalu menekan tombol power pada tv....tiba-tiba... Kleeeeeggggg.........padamlah semua listrik dalam rumah anda. Mungkin Anda berfikiran bahwa listrik dirumah tidak kuat dengan beban yang begitu besar. Berbagai cara telah anda lakukan untuk menangani masalah tersebut dengan penambahan daya, penggantian sekring, penambahan penyatabil tegangan dll.
Setelah Anda sadari , bahwa hanya pada waktu menyalakan televisi lah listrik dirumah Anda menjadi padam.
Dengan kata lain, Tv dinyalakan langsung konsleting ( njeglek).
Untuk itulah perlu dilakukan perbaikan pada televisi Anda.
Berikut adalah cara cepat untuk memperbaiki tv yang apabila dinyalakan terjadi konsleting :
  1. Buka cover tv Anda
  2. Seperti biasa Groundkan tegangan yang terdapat pada tabung tv.
  3. Ukurlah Resistor Kapur( bentuknya kotak memanjang dan ada juga yang bulat memanjang) pada rangkaian power supply utama ( biasanya resistor ini putus / pecah).
  4. Setelah pengecekan resistor selesai , lakukan langkah berikutnya yaitu pengecekan pada Dioda Bridge ( kakinya 4 selain itu ada juga yang memakai dioda silikon biasa ).
  5. Ternyata hasil dari pengecekan Dioda masih dalam keadaan baik semua, kita melanjutkan langkah berikutnya yaitu pengecekan pada TRANSISTOR POWER SUPPLY.
    Biasanya Transistor power supply ini short dan ada juga yang transistornya pecah.
    Kebanyakan kerusakan seperti ini yang sering saya jumpai adalah penyebab utamanya TRANSISOTOR POWER SUPPLY yang sudah short ( selain memakai transistor, ada juga tv yang memakai STR sebagai penguat power supply) .
  6. Lahkah terakhir pada perbaikan kali ini adalah pengecekan pada Transformator ( Trafo) . Ukurlah hambatan pada trafo tersebut, Dalam kasus ini semua kaki pada trafo saling berhubungan dan akhirnya terjadilah hubungan singkat pada trafo ini ( penyebab utamanya yaitu lilitan yang terdapat dalam trafo ini terbakar dan saling hungan singkat).
Di dalam sebuah pesawat televisi , meskinya terdapat sebuah tabung yang fungsinya sebagai penampil gambar pada saat tv tersebut dinyalakan.
jika pada waktu menyalakan tv tersebut ternyata ada suara gemeratak pada bagian dalam pesawat tersebut, dan di dalamnya terdapat percikan api yang terdapat pada tabung, tidak salah lagi kerusakan tersebut diakibatkan oleh tabung tv yang sudah kotor, maupun kopnya, selain itu hal semacam ini juga diakibatkan oleh beberapa komponen yang rusak sehingga mempengaruhi tegangan yang masuk kedalam tabung tersebut menjadi berkurang.
Untuk lebih jelasnya , saya terangkan tv yang sering mengalami kerusakan seperti itu :
  1. TV FUJITEK

    Yang menyebabkan kerusakan :
    • Hal seperti ini biasnya sering disebabkan oleh kop pada tabung tv yang sudah kotor, maka bersihkanlah dengan lap kain, jangan lupa bersihkan juga lubang yang terdapat pada tabung, tapi sebelum itu anda harus meng-groundkan dulu tegangan pada tabung agar tegangan pada tabung tidak ada.
  2. TV YAMASTAR

    Yang menyebabkan kerusakan :
    • Hampir sama dengan Tv Fujitek, tapi pada Tv Yamastar sendiri yang sering mengakibatkan kerusaka seperti ini adalah solderan pada kaki Flyback yang sudah mulai kendor, sehingga dapat mengurangi tegangan yang masuk pada tabung tv, maka solderlah kaki Flyback tersebut yang sudah kendor.
    • Selain itu tadi , ada lgi yang sering membuat kerusakan seperti ini pada tv ini, yaitu kerusakan pada kopnya yang sudah kendor, sehingga daya rekatnya berkurang, maka agantilah kop tersebut dengan yang baru.
    • Ini yang juga sering terjadi yaitu kebocoran atau terkelupasnya kabel flyback sehingga dalam tv tersebut menghasilkan percikan api yang terang dan dapat mengeluarkan suara gemeratak pada bagian dalam pesawat tv, cara untuk memperbaiki yaitu dengan cara melapisi kabel tersebut dengan selang plastik dari flyback sampai ke ujung kop.
  3. TV GOLDSTAR

    Yang menyebabkan kerusakan :
    • Pada tv Goldstar beda lagi, kerusakan kebanyakan disebabkan oleh Elco 220 uF / 160 V dan 100 uF / 160 V, yang fungsinya sebagai penyetabil tegangan yang masuk pada Flyback tv, jika komponen ini rusak maka tegangan yang dihasikan menjadi tidak rata / tidak stabil dan tegangannya pun berubah - ubah sehingga tegangan yang masuk ke Flyback pun sering berubah - ubah dan tegangan yang menuju tabungpun tidak stabil sehingga menyebabkan suara gemeratak pada bagian tabung tv. Cara memperbaikinya yaitu tinggal mengganti kedua Elco tersebut dengan yang baru.

INGAT??? :
Pada dasarnya kerusakan semua pesawat TV diatas disebabkan oleh hal yang sama tetapi tergantung pada tv tersebut sendiri dan masalah yang sering terjadi pada pesawat tv tersebut.
Berbagai kerusakan dapat ditimbulkan pada sebuah VCD, salah satu diantaranya yaitu NO- DISC.
Kerusakan seperti ini adalah di pesawat VCD tidak ada sebuah disc atau VCD tidak mampu untuk membaca sebuah disc yang berada di dalamnya.
Kerusakan seperti ini bisa juga disebabkan oleh sebuah komponen VCD yang telah rusak.
Untuk lebih jelasnya kita lihat cara - cara untuk memperbaiki VCD yang NO - DISC.
Berikut adalah cara - cara untuk memperbaiki VCD yang No- DISC :
  1. Pertama - tama bukalah cover tv, setelah dibuka bersihkanlah tempat disc itu berputar dengan menggunakan kapas/ tissue.
  2. Selanjutnya bersihkanlah optical pick- up pada bagian lensanya saja( biasanya unit ini kotor ).
    Hati - hati dalam membersihkannya karena unit ini rentan akan hentakan/ benturan.
  3. Jika sudah langkah selanjutnya yaitu dengan mengecek kabel flexible pa rangkaian MPEG yang terhubung ke optical pick up. Jika kabelnya sudah rusak segeralah ganti karena kabel ini dapat menyebabkan kerusakan pada MPEG apabila sudah rusak.
  4. Jika sudah Anda ganti cobalah VCD dinyalakan, Jika tetap belum kita melanjutkan langkah berikutnya yaitu dengan mengecek rangkaian power supply khususnya pada bagian yang dibutuhkan rangkaian motor. Kita cek tegangan yang masuk ke rangkaian motor pada mekanic. Tegangan yang dibutuhkan oleh rangkaian motor yaitu 5 dan 8 Vdc. Apabila rangkaian power supply sudah diperbaiki dan tegangan outputnya 5 dan 8 Vdc, maka kita mencoba untuk memasang dan menguji VCD tersebut.
    Nyalakan VCD Anda dan semoga berhasil.
  5. CD/ DVD yang seringkali mati disebabkan oleh rangkaian power supply. Pada saat ini kebanyakan Vcd/ Dvd yang marak dipasarkan menggunakan sistem power supply ACMatic.
    Sistem ACMATIC yaitu sistem power supply yang mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC dengan cara penurunan tegangan menggunakan Resistor dalam Watt yang relatif besar.
    Prinsip kerja dari sistem ini adalah menurunkan tegangan menggunakan Resistor kemudian disearahkan menggunakan Dioda, lalu tegangan tersebut masuk ke Transformator dan kembali disearahkan oleh Dioda dan dibagi menjadi tegangan yang dibutuhkan perangkat tersebut ( +21 v, -21v, 5 v, 8 v , dan 12 v )
    Apabila rangkaian ACMATIC tersebut rusak maka VCD/ DVD tersebut tidak bisa nyala/ mati.
http://4.bp.blogspot.com/-4z48y1uvoQA/TfTkeIIxXPI/AAAAAAAAATE/RkbXfNT1QFM/s400/Servis%2BVcd%2BDVD%2BMati_TN.gif


Berikut adalah cara - cara memperbaiki Vcd/ Vcd mati :
  1. Pertama - tama ceklah rangkaian ACMATIC, Ukurlah tegangan output pada rangkaian tersebut( 5 v dan 8 v/ 12 v). Kalau tidak keluar berarti ada komponen yang rusak/ terbakar.
  2. Ceklah Resistor utama yang fungsinya untuk penurun tegangan, apabila ternyata putus/ terbakar gantilah dengan yang baru.
  3. Setelah pengujian resistor ternyata dalam keadaan masih baik, langkah selanjutnya yaitu dengan pengujian Dioda penyearah, ceklah dengan menggunakan multitester, apabila ada salah satu yang rusak , gantilah dioda tersebut.
  4. Langkah selanjutya yaitu dengan pengujian Transformator/ Trafo, ukurlah dengan multitester dengan skala x1, apabila putus/ terbakar lebih baik jangan menggantinya karena trafonya sulit untuk didapatkan ( ditoko- toko jarang ada yang sama kode/ struktur kakinya), lebih baik Anda mengganti rangkaian ACmaticnya, apabila masih baik kita lakukan langkah berikutnya.
  5. Langkah berikutnya yaitu pengujian pada Dioda penyearah setelah trafo ( kebanyakan kerusakan pada Rangkaian ACmatic disebabkan oleh kerusakan pada dioda ini). Apabila diodanya terbakar/ short, gantilah dioda tersebut.
  6. Langkah terakhir yaitu pengujian pada Optocoupler bentuknya kotak berkaki 4 ( 128 dan 817 ). Komponen ini juga rawan kerusakan, telitilah dalam proses pengujian karena berbeda hambatan sedikit saja, tegangan yang dikeluarkan juga berbeda.Apabila proses pengujian selesai kita tinggal mengukur tegangan output pada rangkaian ACmatic tersebut, jika tegangan yang dikeluarkan sudah normal kita tinggal menghubungkan soket tegangan ke rangkaian MPEG, dan VCD/ DVD sudah siap dinyalakan.


http://4.bp.blogspot.com/-B5svv5-qwyw/TfTmz0cKVOI/AAAAAAAAATM/DOGpSBpVYYo/s320/Rangkaian%2BACMATIC%2BDVD_TN.gif 

INGAT!!! : Dalam proses pengujian rangkaian ACMATIC tersebut berhatilah- hatilah karena dulu saya pernah berkali - kali mendapatkan kejutan listrik dari rangkaian tersebut karena tanpa sengaja rangkaiannya tersentuh.
Masalah VCD / DVD No Disc ini kerap dijumpai pada servis VCD /VCD.
Kerusakan seperti ini juga sering saya jumpai dalam pereparasaian elektronik.Banyak VCD/DVD yang tidak bisa membaca kaset/disc.
Kerusakan seperti ini kebanyakan disebabkan oleh kaset / Disc yang sudah kotor, selain itu juga sering disebabkan oleh Optical Pick up pada VCD tersebut yang sudah kotor maupun rusak.
Untuk lebih jelasnya , ikuti langkah - langkah proses perbaikannya :
  1. Pertama - tama bersihkan kaset/disc dengan menggunakan kain halus, jika hal ini masih tetap terjadi No Disc, maka bukalah Cover VCD untuk melakukan perbaikan pada alat tersebut.
  2. Setelah Anda buka covernya , langkah selanjutnya yaitu dengan membersihkan optical Pick Up( Optic) dengan menggunakan kain lembut yang telah dibasahi cairan ( kalau saya dulu menggunakan cairan tinner).
  3. Jika masih belum bisa coba lepaslah kabel optic( bentuknya tipis merupakan kabel penghubung dari MPEG ke Optical Pick Up). kabel ini juga sering rusak karena kabel ini sering bergerak dan jalur tembaganya menjadi aus. Sebelum anda menggantinya cobalah anda melakukan colok cabut kabel tersebut, jika masih tetap tidak bisa anda baru bisa menggantinya.
  4. Jika sudah melakukan penggantian tetapi belum juga mendapatkan hasilnya, hal ini kemungkinan disebabkan oleh mekanic VCD yang sudah rusak ( Terutama motornya ).
  5. Jika semua langkah sudah dilakukan tetapi vcd masih belum bisa, maka kerusakan tersebut disebabkan oleh Optical Pick Up yang sudah rusak. Alat ini banyak tesedia di toko Elektronik tergantung tipe dan persamaannya, Haganya berkisar Rp. 25.000 sampai Rp.65.000.
Ini semua merupakan pengalaman servis elektronik sejak saya duduk di kelas 2 STM.

Sering kali kita mendapati kerusakan tv yang layarnya menutup / terdapat garis horizontal di layar tv. Biasanya kerusakan pada tv tersebut terjadi karena tegangan yang masuk pada rangkaian vertical terlalu besar, untuk itu dioda pada rangkaian tersebut tidak mampu untuk menyetabilkan tegangan dan tegangan nya masuk ke ic vertical dan ic tersebut short / terjadi hubungan singkat.

Berikut adalah cara cepat untuk memperbaiki kerusakan tv yang layarnya menutup :
  1. Untuk pertama - tama seperti biasa buka cover tv
  2. Setelah itu groundkan tegangan yang terdapat pada tabung tv( caranya sama seperti kemarin yang telah saya bahas).
  3. usahakan sebelum melakukan perbaikan dan pengecekan , solder ulanglah PCB TV tersebut, karena biasanya kerusakan tv itu ada juga yang disebabkan karena solderannya yang sudah pada kendor.
  4. Setelah proses penyolderan ulang selesai, lanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu proses pengukuran tegangan( biasanya rata-rata untuk semua tv tegangan pada berkisar antara IC VERTICAL24 V - 27 V).
  5. Selain itu anda juga harus mengecek Elco B+( biasanya 470 uF/ 36 V atau 470 uF/ 50 V).
  6. Setelah pengecekan Elco selesai dan ternyata hasilnya masih baik, kita lakukan langkah berikutnya yaitu pengecekan Dioda( sebaiknya pengecekan semua komponen pada rangkaian elektronika itu dilakukan di luar rangkaian, karena kalau kita melakukan pengecekan didalam rangkaian biasanya hasilnya berbeda dengan hasil yang diluar rangkaian dan itupun tentu kita dapatkan hasil yang lebih memuaskan).
  7. Setelah pengecakan Elco selesai, lakukan pengecekan pada Resistor, sering kali resistor pada rangakian ini putus / terbakar karena tegangan yang melewatinya terlalu besar.
  8. Langkah berikutnya yaitu melakukan pengecekan tegangan yang masuk pada kaki B+ IC vertical. Pada kaki B+ ini seringkali tegangannya dibawah 24 V / bahkan mungkin tidak keluar sama sekali. pada kasus seperti ini IC Vertical sudah short dan harus diganti dengan yang baru.
  9. Ini adalah langkah terakhir pada perbaikan tv yang layarnya menutup .
    Apabila semua pengecekan diatas hasil dari pengecekan semua komponennya ternyata masih baik, kita lakukan langkah selanjutnya dengan melepas YOKE yang terdapat pada tabung tv. Lepas dan bersihkan yoke tersebut dan amatilah , biasanya ada lilitan yang terbakar.
Cara memperbaiki TV yang Gambarnya bergaris Pada Sharp Alexander Slim II

http://3.bp.blogspot.com/-JCNTrfCvUNc/UJN7JPPbeQI/AAAAAAAABZI/WOymLSmiNNI/s200/sharp+alexander+slim+ii+bergaris.jpg

Berikut ini saya Posting Cara memperbaiki TV yang Gambarnya bergaris Khususnya kali ini Pada TV Sharp Alexander Slim II.
Seperti Gambar di samping, anda melihat Gambar nya yang nampak Bergaris2 pada bagian bawah layar sehingga gambar tidak FuLL sampai di bawah, Untuk tv model lama biasanya bergaris bagian atas itupun sekitar 10 garis.
Kebetulan TV ini punya teman di kantor, sudah kekerapa minggu  dia mengatakan ada perubahan pada tvnya, kalo pertama hidup ada garis-garis, yah aku bilang, pake ajah dulu,sampe parah, akhirnya 3 hari lalu rusak juga. dia bawa itu tv kerumah.
Pas aku coba nyalahin, wah gambar nampak di tengah kecilll kayaknya sekitar 3 CM, selang kemudian Stanby dengan Led Kedip-kedip. Seperti biasa pasa TV sharp ini berarati Protek. karena ada yg tidak Normal.
Akhirnya Buka Chasingnya, waw IC Verticalnya Meledak..Pecah... waduh kode brapaan itu yah??
sy Periksa lebih seksama, ternyata masih terlihat LA7, ternyata masih ada sedikit banyangan, kira2 IC Vertical Jaman sekarang, Akhirnya Buka Buku Catat harian, Dapet deh. Dia pake LA78041 utnuk Sharp Slim.
 TV ini menggunakan Chassis QPWBFE594WJN1, blok Verticalnya menggunakan 2 Supply VCC. Setelah penggantian IC, tv bisa nyalah kembali, namun Gambarnya Bergaris seperti gambar diatas.
Seperti Pengalaman sebelum2nya ini pengarus ELCO yg haus, akhirnya saya ganti elco untuk Tapis Tegangan + dan - yang mensuply IC vertical, Kemudian TEs tv, Ternyata Hasilnya Normal Kembali.
Saya Coba Ukur Elco tersebut menggunakan ESR meter, Ternyata jarumnya tidak bergerak sama-sekali, Kering too.
Berikut Gambar Blog Verticalnya, yang di tanda lingkaranmerah itulah elco yg saya ganti tadi.
http://2.bp.blogspot.com/-9TQNtCEFb4o/UJOOQegnYjI/AAAAAAAABZQ/QXIXvSUpA2w/s1600/skema-vertical-LA78041.jpg
   
Cara Memperbaiki TV Gambar Bergaris
http://4.bp.blogspot.com/-jRfu3a1ArxI/UMk4wkSXL4I/AAAAAAAAB7o/GVJwSogBmtU/s320/TV-CRT-Rusak-Bergaris.jpg

 
Kali ini saya membahas Cara Memperbaiki TV Gambar Bergaris pada bagian atas. Lihat Ilustrasi gambar disamping. nah seperti itulah.
Mungkin bagi yg sudah terbiasa menghadapi kerusakan ini akan memngatakan Mudah saja.
Kerusakan ini di sebabkan Rusak/ELCO pada Pin "PUMP-UP" IC  yang terkonek pada VCC2 yang biasa nilainya 100uF dan 220uF untuk tv Toshiba.
Untuk lebih memahami lihat Skema rangkaian Vertical yang menggunakan IC LA78040 dengan 1 VCC (+24v):
http://4.bp.blogspot.com/-PbOwAnj-ToE/UMk8SsAWrHI/AAAAAAAAB7w/3uLvgmguCnM/s400/LA78040.jpg
 Nah dengan Skema diatas, smoga anda lebih memahami, dan selamat mencoba.
Nah Untuk Jenis Kerusakan Bergaris seperti diatas namun ada tambahan 3 garis di bawahnya dengan warna warni  seperti Ilustrasi di bawah ini: 
http://2.bp.blogspot.com/-8SnmVhk5Bus/UMk88rKbYsI/AAAAAAAAB74/lGf3kXJySqs/s320/TV-Bergaris-garis-berwarna.jpg
 Sangat unik kerusakan tersebut. Walau anda ganti semua Elco di sekitar vertical ataupun Regulator tak akan membuahkan hasil. Kerusakan ini biasa terjadi pada rangkaian vertical yang menggunakan 2 VCC yakni +12v dan -12v.
Cara Memperbaiki TV CRT Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar
Kali ini Cara Memperbaiki TV CRT Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar, seperti nampak Pada Gambar di Bawah ini:
http://3.bp.blogspot.com/-xoPpKCa4Rxo/UhNgsZEYhWI/AAAAAAAADWM/iEalDnFkztw/s320/TV+Gambar+Bergaris+full.jpg

Nah Kebetulan yang saya jadikan contoh merek LG dengan Chassis MC 994a, Kebetulan ini TV punya teman sekantor dengan kerusakan Susah Hidup.
Mesti di pencet Power berulang2 bisa sampai 30 menit.
Setelah memperbaiki bagian yg membuat susah hidup normal, saya juga mengganti beberapa Elco besar yang agak menggelembung, termasuk elco di Vertical yng pada LG di pakai 35v2200uf.
Setelah pennggntian semua komponen yang agak rusak, saya tes nyalah.. ternyata Gambar Bergaris-garis Ful seluruh Layar, seperti Gambar diatas.
Setelah di obok2 kembali, dengan benrdasar info yg punya tv, gambar bagus kalo sudah hidup, saya periksa kembali elco2 yang sudah saya ganti..
eee ternyata Elco di Vertical saya pasang short kaki negatif ke GND, sebelumnya saya pikir memang nyambung, lantaran jalur sudah kabur lantaran kena air bocoran Elco.
 
http://3.bp.blogspot.com/-79AQ5GzFJQg/UhNg5Hvh1qI/AAAAAAAADWU/v5l4ZAWo-As/s640/Chassis+MC994.jpg
contoh seperti yang saya lingkari Kuning.

TV Slim Gambar Cekung
Kali ini saya membahas TV yang gambarnya melengkung, kebetulan tv yang saya bahas merek FUJITEC seri KAIO. jenis SLIM.
TV ini menggunakan Mesin punyanya sanyo begitu juga remotenya dengan chassis FC8-A. Menggunakan IC tunggal LV761132C. Entah kenapa pabrik Fujitec menggunakan mesin Sanyo.

Berikut gambarnya:
http://4.bp.blogspot.com/-HAcdAR-NfKY/T_Zme_1B1-I/AAAAAAAAAQ0/XTVpKYNhNyg/s400/fujitec-gambar-cekung.jpg

Selain Gambar mencekung, penyakit lainnya adalah dia kembali standby setelah hidup 15 menitan. Mungkin karena Pengarus sensor yang mendapati kerja tv tidak normal.
Setelah Diadakan penyelidikan secara seksama, ternyata LILITAN (L) dari pin - H (yoke) menuju Transistor EW ternyata putus.
Berikut hasil Jepretnya:
http://3.bp.blogspot.com/-w1QMGmfr4ps/T_ZmhuLEOzI/AAAAAAAAAQ8/asL5CXuVmco/s400/FC8-A.jpg









http://4.bp.blogspot.com/-1giehCqgpec/T_aPonU99HI/AAAAAAAAARQ/WUtZWWuEao4/s400/chassis-FC8A-Fujitec.jpg
Kode L di PCBnya adalah L461 yang menggunakan komponen type LAB24.
Nilai OHM komponen ini sekitar 5Ohm, jika kita menngantinya dengan R1w dengan nilai 2,2ohm maka gambarnya akan lebar sekali. apa lagi cuman di jamper hahahah.
Karna susah nampaknya nyari komponen seperti itu maka saya punya ide untuk gulung ulang saja.
Dengan membuka secara perlahan, ternyata kawat emailnya putus karena koronsi (ternyata tidah hangus gitu. bongkar perlahan, sekitar 10x lilit ternyata  Putus lagi akibat korosi. Akhirnya saya ambil keputusan utnuk membuang saja 10 lilit itu. setelah solder kembali ujung kawat email ke kaki T itu.
Setelah di pasang kembali ke PCB , dan tes, ternyata gambarnya normal kembali tanpa ada pelebaran berarti di vertikalnya.  
Berikut Hasil jepretan untuk komponen L itu;
http://3.bp.blogspot.com/-k5eFmrestCQ/T_ZmkivpR-I/AAAAAAAAARE/IQ2FkKkQmDk/s320/LAB24.jpg





Sebagai catatan, Untuk TV sanyo bukan SLIM tetapi seri Flat, mereka menggunakan Chassis ini juga dengan tidak memasang rangkaian EWnya yang juga termasuk L diatas.

Tuner TV DIGITAL (WSP / PLL)

Perkembangan Elektronik saat ini sudah bergeser dari sistem Analog ke sistem Digital. Di bidang perangkat Televisi Penerima pun terjadi perubahan, di mana komponen aktip seperti IC sudah memakai sistem digital. selain IC, komponen lain yang mengunakan sistem digital (PLL) adalah TUNER.
Tuner Digital ini secara kasat mata memakai kaki/pin sebanyak 11 pin. Notes: saat ini ada juga TUNER Analog yang memakai 11 pin.
Urutan pin Tuner Digital dari pin 1-11:
Agc - Bosster/NC - Bosster Switch/NC -  SCL - SDA-B+5v -  +5v -  ADC -  33v - NC - IF.
Sesuai Pengalaman saya, saya menggunakan Tuner buatan LG dengan kode : TAEA-G041D untuk mengganti tuner rusak pada beberapa merek TV, misal Polytron yang memakai Radio dan meter sinyal.
Gambar Dibawah adalah    penggunaan Tuner LG jenis WSP/PLL TAEA-G041D pada Mesin TV Polytron DIVA.

http://3.bp.blogspot.com/-fdfSw3QG0pM/T_ZczvXj-uI/AAAAAAAAAQo/80yNGKVfc0Q/s400/tuner-tv-digital.jpg


Kode untuk D835 pada chassis TNP4G036 adalah RM25

Pernahkah anda dapatkan dan malah sedang memperbaiki TV Panasonic Seri Gold dengan ciri kerusakan mati tapi ada suara menciut??? NAh itu di sebabkan keluaran regulator (trafo chopper) tersumbat.  Ini sering terjadi pada tv Panasonic jenis ini. dengan chassis TNP4G036.
Coba anda ukur Pada Dioda dengan Kode PCB D835. Pasti Short. Sering saya dapati Dioda tersebut hangus jd tidak tau kodenya. sebenarnya bisa tidak dipasang, namun Elco di titik itu yg nilainya 220uf50V lama2 akan bengkak.  Dioda pada titik itu adalah RM25 yakni Dioda Zener 3watt dan 40volt.  sesuai hasil tes saya, jika tv dalam keaddan standby di titik itu mencapai 75 volt, dah jika tv nyalah ada sekitar 45volt, sehingga pananonic pasang Dioda Zener itu.
http://1.bp.blogspot.com/-GcWN8Zxi4qA/T-wV98Ip38I/AAAAAAAAAQA/C5Y-k0axAg4/s400/chassis-TNP4G036.jpg
Pada Gambar di samping, adalah sebagian gambar dari chassis TNP4G036, pada tanda D836=RM25, saya koreksi jadi D835=RM25.
Berikut Karakteristik Dioda Zener yang menggunakan Kode awal RM.
http://3.bp.blogspot.com/-GVceIqzdiA8/T-wWyIgTEUI/AAAAAAAAAQI/fVEtQBEcTb8/s640/RM25_RM-25.jpg




Chassis tv Sharp Alexander Pro

Berikut Gambar hasil jepretan Chassis tv Sharp Alexander Pro 21 inchi.
http://1.bp.blogspot.com/-Ju_bzUZ7gEc/T-Vo_e7rA7I/AAAAAAAAAPM/XQPAc4Y3Qxc/s640/chassis-tv-sharp-alexander-pro.jpg


TV Sharp Alexander Pro ini saat itu dengan kerusakan setelah nyala sekita 30 menit akan mati, bukan standby, ditandai tegannya skunder Trafo chooper habis,  sehingga led power pun mati.
Setelah ambil kesimpulan dari berbagai pengukuran tegangan, saya putuskan untuk mengganti IC powernya, kalo tidak salah
STR W6754, Nah setelah  uji nyalah sekitar 1 jam lebih saya tutup kembali chasingnya. Sampai beberapa hari kemungkinan tidak masalah, soalnya yg punya tv tidak menghubungi lagi. Sekian pengalaman saya.

chassis FC8A

Berikut sy postingkan hasil jepretan chassis FC8A yag di pakai TV sanyo. Kali ini saya terima servisan tv sanyo dengan gejala lampu LED power merah langsung kedip-kedip tanpa henti pas power di ON-kan.
Sesuai pengalaman saya Shassis ini mendukung CRT Slim maupun Flat, karna sudah tersedia jalur EWH nya. pada tv merek Fujitec 21FSS6-PF yg memakai chassis ini di gunakan untuk CRT SLIM di chasing belakang tertulis FC8-A21.
sedangkan yg di gambar di bawah hanya untuk sanyo flat. lupa kodenya. Menggunakan IC tunggal LV761122C. Sampai saat ini sy belom menemukan solusinya kenapa langsung kedip-kedip led powernya.
http://2.bp.blogspot.com/-_z-knbCfEbs/T-VnW_jDaOI/AAAAAAAAAPE/6fZ9Jrkym60/s640/chassis-sanyo-FC8A.jpg

TV Panasonic TC-1613R Gambar Putih Polos
       Kali ini saya kedatangan TV Jadul yakni Panasonic TC-1613R, seingat saya sudah lama tidak pernah lagi perbaiki tipe ini, asal tv ini cukup jauh, sekitar ToL sutami sana. padahal sekitar sana banyak tempat servis, mungkin lantaran kata temennya yg minggu lalu perbaikin tv rusak parah bisa bener juga.
       Merurut Kakek2 yang bawa, itu tv dah lama rusak di rumah anaknya, kalo gag salah lantaran jatuh sewaktu pindah rumah. setelah aku bongkar chasing dan tes, ternyata ada suara bagus, tapi gambar putih polos, tanpa raster, tulisan menu ada muncul.
gambarnya berikut ini :

 Cukup sulit perbaiki tv ini, search di om google ada yg sarankan ganti R125 yg nilainya 2k2, tp gag berhasil, lagian yg bahas/sharing kurang skali untuk tipe ini, sudah juga sy cari datasheet untuk IC AN5138N , dan AN5601K, sepertinya gag ada masalah di bagian croma, coba ganti ic IF = AN5138 juga tidak berhasil,
Seingat saya pernah perbaiki TV Sony 25 in gejala sama saai itu rusak TR penguat video TV menuju AV swicth.
Penasaran jadinya, akhirnya sy urut keluaran video dari pin 19 IC AN5138  ketemu TR 601 yg berfungsi sbg penguat pertama video sebelum masuk ke delay, diukur normal sih, tp kakinya agak karatan, aku lepas dr solderan ternyata TR ini short sedikit, ternyata ini biang keroknya, tipe transistor ini adalah 2SC1685
Berikut gambarnya:

http://1.bp.blogspot.com/-zwDpGxS2nX4/T779pvejreI/AAAAAAAAANg/bMWuh18bdYc/s320/Cassis+TNP197055.JPG

http://3.bp.blogspot.com/-dRXTa44X3HQ/T779vxh5GaI/AAAAAAAAANo/7Wobczvo1zc/s320/TNP197055.JPG

Berikut gambar setelah penggantian TR 601:
http://3.bp.blogspot.com/-_snfgO93bAg/T7791B7w9-I/AAAAAAAAANw/oOW9fo_S0O4/s320/Panasonic-TC-1613R+ok.JPG
6174z-8004A
Kemaren saya di bawakan TV LG Model Lama oleh tetangga sebelah, setelah di cek ternyata Swict AC rusah, setelah penggatian, di tes on ternyata keluar api dari Flyback.
Type flayback yang dipakai adalah 6174z - 8004A.  dengan susunan pin :
COL - 185V - B+ 115 - GND - 16V - 24V - 40V - ABL -  HEATER - AFC.
Setelah mencari di beberapa toko elektronik akhirnya ketemu, harga 27500rupiah.
Sampai dirumah dites, ternyata benar kadang pin 16 volt tidak berfungsi / kosong, "itu sesuai blog temen lain yg pernah saya liat. ternyata terbukti".
Akhirnya ambil keputusan buatkan lilitan dari pin 16 volt ke gnd sebnyak  5x untuk menghasilkan tegangan 17volt. untuk lebih tahan saya biasa melapisi batang ferit Flyback dengan kertas karton sebelum di  lilitkan.
untuk lebih pasti coba ukur hasilnya jangan melebihi 20volt, karna output 16volt ini

mensupply IC reg 7812.

pengalaman lilitan sampai 8x menhasilkan kira2 30volt, alhasil tv nyalah sebentar lalu standby, mungkin ic reg 7812 itu over input. Sempat sih membuat bingung, rusak apa lagi itu tv, setelah di cek ternyata lilitan 16 volt yg dibuat itu over.
setelah lilitan di kurangi, akhirnya tv bsa nyalah normal kembali.
sekian pengalaman saya.
Cara Baca Kode Capasitor
http://4.bp.blogspot.com/-kKaVFb-maoo/T5IdNe-TFII/AAAAAAAAAK8/l1nO-gllx9g/s320/capasitor-codes.JPG
Gambar di samping merupakan contoh cara membaca nilai sebuah alat elektronik bernama capasitor baik itu tipe mika maupun milar. jika yang jenis elco (elektrolit capasitor) bodi bundar seperti kaleng nilai sudah tertera langsung misal 1uf, ataupun 2700uf dll.
 IEC = International Electotechnical commission.
EIA = Electonic Industries Alliance.

Cara Baca Kode Warna Resistor

http://4.bp.blogspot.com/-r_CyZq0B8_c/T5IZ4ihxMeI/AAAAAAAAAKw/y4tlhq5SKp0/s400/Resistor-codes.JPG
Kini saya berikan contoh cara baca Komponen Elektronika yakni resistor baik itu 4 warna maupun 5 warna,
ini khusus bagi pemula.

notes:

- blk = black=hitam=0;
- brn= brown=coklat=1;
- red=red=merah=2;
- org=orange=oren=3;
- yel=yellow=kuning=4;
- grn=green=hijau=5;
- blu=blue=biru=6;
- vio=violet=ungu=7;
- gre=gree=abu-abu=8;
- whi=white=putih=9;
- gol=gold=emas=5%;

Power Supply Gacun


http://1.bp.blogspot.com/_hiPvOyeNclU/THWFK_1OS5I/AAAAAAAAAHs/EYn_mvwrtpQ/s200/untitled.JPG

Kit Power SUpply Gacun adalah Sebuah terobosan yang sangat berguna. Regulator apapun dan bagaimana pun selama trafo converternya masih bagus, Kit ini dapat bekerja dengan baik untuk menggantikan rangkaian regulator aslinya. Dengan membuang habis semua jalur rangkaian regulator asli (tentunya yg sudah rusak dan tidak dapat di repair lagi) bagian primer,dan kita hanya perlu dua titik pasang.Yaitu pin trafo yang terhubung dengan tegangan input ( VCC) biasanya 300v,dan pin yang menuju ke collector Transistor /IC regulator.

Cara pemasangan nya adalah sangat mudah .Regulator gacun hanya mempunyai tiga (3) jalur kabel; Kabel Merah adalah VCC input yang nantinya dipasang pada titik trafo yg menuju collector TR/IC regulator. Kabel hitam adalah ground ( negative) dan Kabel Biru adalah  ke jalur Optocoupler, untuk feedback ( pendeteksi perubahan tegangan output, kabel ini bisa dipasang atau pun boleh dibiarkan saja.
*) Pada Prakteknya, saya tidakpernah memasang kabel Biru ini.
 
 Jangan di copot capasitor dan resistor yg berada dijalur VCC ke collector ( kapasitor/resistor osilasi trafo biasanya mulai 680pF-2n2F/2KV).

Putar trimpot gacun pada posisi minimum ke kiri habis ( CCW ).hidupkan power supply.dan atur tegangan output regulator sebagaimana mestinya. TV biasanya 115V untuk B+ nya.5V untuk regulator DVD dsb.
Cara Pasangnya berikut ini :
http://1.bp.blogspot.com/-nWUZTLQw27M/T3Z7Qa7_wFI/AAAAAAAAAKM/f0mLkBgaOMU/s200/pemasangan+gacun.jpg
 Cukup mudah bukan? yaaa itung itung klu beli IC mahal..tapi ini hanyalah sebagai option teraklhir saja 

Perbaikan Regulator  Gacun
kerusakan modul switching regulator serbaguna / Gacun biasa disebabkan beban terlalu berat, overheat/panas berlebih, konslet pada bagian sekunder, salah pemasangan dsb.

http://4.bp.blogspot.com/-9KMas_f1hAA/T3Z4KkPU02I/AAAAAAAAAJ0/RaJI8nBOigI/s200/Gacun-Lingkaran.jpg
Pada gambar komponen yang dilingkari adalah komponon  yang sering terjadi dan beruntun. Memang begitu adanya apabila terjadi kerusakan short pada FET (Q1) arus tegangan akan mengalir langsung ke R2 dan R2 akan putus karena kelebihan beban, dengan putusnya R2 mengakibatkan arus tegangan mengalir lagi pada R3, karena R3 mendapat supply tegangan yang besar mengakibatkan r3 dan IC rusak.
 
Berikut Skemanya Ekuivalentnya:

http://2.bp.blogspot.com/-Pn6kD-Q4S14/T3Z5dsu6nkI/AAAAAAAAAJ8/tTmD01IX0L4/s200/Skema+GACUN.jpg

 kesimpulan :
- jika kerusakan FET (Q1) short dan R2 putus kemungkinan besar R3    dan IC rusak dan harus dilakukan penggantian pada Q1, R2, R3 dan IC
- namun jika R2 tidak putus / masih baik komponen yang lain juga baik. dan bisa dilakukan penggantian hanya pada Q1.
Bilamana sudah tidak bisa di perbaiki lagi, mending beli yg baru saja. lagian tidak terlalu mahal khan? daripada waktu anda terbuang percuma. ingat Waktu adalah uang!!....... ck ckck
Catatan + Saran: Jika anda mencoba memperbaiki Blok Gacun ini tetapi Komponen Q1/FEt susah mendapatkan di toko, anda bisa menggunakan FET eks Monitor Komputer yang masih bagus, karena rata-rata monitor komputer menggunkan Blog Switching/PowerSuplay sama seperti cara kerja GACUN ini. Entah , Apa Gacun yang mengikuti Blok rangkaian seperti ini....
Flyback Multi untuk TV 29 Inc
Susah mencari flyback asli?? sekarang tidak usah bingung, kita bisa menggunakan flyback lain yang typenya berbeda tapi pin outnya sama, contohnya lihat disini...
Kini Sudah Canggih, Apapun sudah ada yg buatin. untuk rangkaian TV sudah banyak yg dibuat permodul. Jadi kita kalao butuh sisa mencangkoknya. Misal Regulator yg bermasalah dan tidak bisa diperbaikin, kita bisa mencangkok AC MAtic-nya, malah yg terbarunya lebih simpel yakni menggunakan kit gacun yg cuan menyabung 3 atau 2 kabel saja (hebat kan...), dulu sy pernah juga  mendapat kit modul croma tv, tapi sepertinya kurang laku dan malah menghilang, untuk Yoke Defleksi jika sangat tdak mendukung Nilai ohm  Horizontalnya bisa dengan menabahkan Trafo, yang lain ada remote multi, nah yg baru saya dapat    adalah FLAYBACK MULTI.
  Untuk Tv 14 sampai 21 inch kita bisa menganti dengan flyback type lain bilamana kita tidak mendapat flyback aslinya atau persamaannya.
Sebut saja Flyback 154 - 177B. Flyback ini sangat bisa sekali digunakan walau dengan memotong dan merubah jalur pada board, saya sering mengunakan apabila kesulitan mencari flyback asli dan persamaannya tentunya atas persetujuan yang punya tv.
Contohnya pernah menerapkannya pada TV KONKA, LG pearlblack 21", TCL flat, Aiwa, Sharp dll dan hasilnyapun sangat memuaskan dan tidak pernah ada komplain.
Itu semua untuk tv 14 sampai 21 inch.
Bagaimana dengan TV 29 inch yang nota bene dibutuhkan flyback yang mampu menghidupkan layar sebesar itu.
Disni saya bukan menyarankan tapi hanya berbagi setelah mencoba menggunakan flyback multy / universal seperti pada gambar dibawah ini.
http://2.bp.blogspot.com/-7Ri7-_YWcZA/Tpu1Nu0qNCI/AAAAAAAAAT0/a5_MeakMR6g/s320/Foto-0095.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-Mu1JNPlwDdE/Tpu1cX-cmfI/AAAAAAAAAT8/6RnfI7wwJG4/s320/Flyback+multy.JPG

Kalo diperhatikan dari pin outnya flyback ini sangat lengkap, tinggal kita yang mengaturnya sesuai dgn pin out flyback yang mau kita ganti.
Untuk mengatasi kelebaran gambar kita bisa memindahkan Pin Colector dengan tiga pilihan tap:
  1. 110V
  2. 130V
  3. 140V
Apabila kita memasang pada 110v dan tampilan pada layar kurang melebar kiri kanan maka kita bisa memindah ke tap 130v atau 140v.
Dan bila ada kekurangan atau kelebaran cuma 1 cm kita bisa merubahnya melalui service Mode atau merubah secara manual / atur trimpot hor width.

NB:Untuk tv yang menggunakan INNER bisa menyambungkan ke pin 15v atau buat lilitan baru sebanyak 12 putaran pada ferrite flybac

Cara Mengecek Gulungan Elekromotor pada Kompressor

Ada beberapa Cara Mengecek Gulungan Elekromotor pada Kompressor. Saat ini saya mengecek kompressor Ac atau pun Kulkas dengan menggunakan Multimeter/multitester pada posisi ohm x 1.
Sebelum Melakukan Pengukuran, lakukan langkan berikut ini :

  1. Matikan AC/kulkas dengan mencabut steker dari stop kontak
  2. Bukalah penutup soket listrik kompresor yang berada biasanya di sisi kiri atau kanan kompresor (lihat gambar di bawah)
  3. Lepaskan Relay dan Overload dari soket nya.
  4. Setting Multitester pada posisi pengukur Ohm x1.

http://3.bp.blogspot.com/-9PPb4CbaT1Q/T1B-aB7rJOI/AAAAAAAAAIQ/IS5aRWCnqSo/s320/Compressor-3pin.jpg     Gambar disamping  menunjukan kompressor yang sudah dibuka soket overloadnya sehongga terlihat memiliki 3 pin. Masing masing:
C= Common, R = Run, S =Star.
Nah .. Cara Mengukurnya dengan Multitester     Ukurlah ke-3 soket ini dengan mekukur soket tempat overload tertancap menjadi soket utama atau misalkan soket C (biasanya berada paling atas atau paling bawah / tidak berdampingan) dihubungkan dengan soket S dan kemudian C lagi dengan R, dari hasil pengukuran ini harus didapat resistansi antara 15 sampai 25 ohm untuk pengukuran dari C (common) dengan R (running) dan 20 sampai 40 ohm untuk C (common) dengan S (start), jika hasil pengukuran adalah 0 ohm bahkan lebih tinggi berarti lilitan/gulungan elektromotor konslet/rusak atau terputus.

Catatan : Kerusakan bisa di tandai dengan short nya kumparan ke body Kompressor. Kita bisa mengukur dgn cara menempelan salah satu Pen Multitester ke body kompresor dan dan pen yang lainnya hubungkan ke 3 buah soket yang terdapat pada kompresor satu persatu, jika tidak ada sama sekali resistansi dari ketiga soket ini yang terukur berarti elektro motor kompresor benar-benar dalam keadaan baik..

kode Service / Factory TV

MENU SERVICE CODE (Factory) adalah kode untuk masuk kedalam kondisi "SERVICE MODE/FACRORY" dalam istilah reparasi pesawat televisi.
Ada beberapa cara diantaranya dengan menggunakan kode-kode angka atau hurup atau juga kombinasi dari keduanya. Cara lain adalah dengan menggunakan trik hardware dengan cara men-short/jumper sesaat pada titik  atau switch yg di sediakan (sharp, panasonic, thomson, phillips dll).
Disini akan memberikan beberapa cara/kode untuk membuka menu servis dari beberapa merek televisi yg umum beredar diindonesia. Tentunya pesawat tv keluaran mulai tahun 2000/01 hingga sekarang, karena umumnya pabrikan hanya memodifikasi fiturnya saja.
TOSHIBA : TEKAN MUTE DI REMOTE SEKALI, KEMUDIAN TEKAN LAGI DAN TAHAN MUTE + MENU DI TV .               ULANGI UNTUK PROSES BERIKUTNYA
                        TEKAN MENU DIREMOTE-TEKAN ANGKA 4,7,2,5
                         TEKAN VOL(-) DI TV -TEKAN DAN TAHAN ANGKA 9
SANYO   : MENU DI REMOTE + VOLUME UP TV
LG FLATRON: TEKAN OK DIREMOTE + OK DI TV atau MENU REMOTE + MENU DI TV
TCL               : TEKAN DISPLAY (OSD) DIREMOTE + VOLUME DOWN DI TV ,tahan 3 detik
PHILLIPS    : POSISI TV STNDBY,TEKAN 0,6,2,5,9,MENU
POLYTRON : POSISI TV STNDBY, TEKAN DAN TAHAN MENU DI REMOTE HINGGA TV MENYALA MASUKAN KODE ANGKA 1013.
PANASONIC : SHORT (KONEK SESAAT) PIN 'FA-1' KE 'FA-2' ATAU TP-8 KE GROUND
PANASONIC TX SERIES :TEKAN VOL(-) DI TV + OSD
SHARP           : SHORT KAKI (PIN)6 DAN PIN 7 SESAAT PADA IC MCU (TDA 98XXX). 
                     UNTUK   KELUAR  SHORTKAN KEMBALI

SHARP EXPRESSION : HUBUNGKAN ATAU JEPIT DUA KAWAT /JUMPER J800 (ADA DISEBELAH 
                                TUNER ) YG PCB- TELAH DISEDIAKAN LUBANG DAN DUA JUMPER SEJAJAR.
CRYSTAL                 : POSISI TV STNDBY,TEKAN VOLUME UP + VOLIME DOWN PADA TV 
                                BERSAMAAN DAN TAHAN HINGA TV ON
.AKARI                           : TEKAN SLEEP DI REMOTE + MENU TV;
AKARI pakai IC tunggal OM8377 series : Tekan MENU 1x lalu tekan 6483, jika sudah muncul M,
                               tekan 1 atau 2, atau 3 atau 4 untuk masuk halaman setting,
                               save pakai recall/display.

SAMSUNG                : POSISI STANDBY TEKAN DI REMOTE : MENU - PSTD - MUTE - POWER ON
SAMSUNG PLANO      :POSISI STANDBY, TEKAN DI REMOTE : DISPLAY-MENU-MUTE-POWER ON
SAMSUNG PLANO DIGITAL HD100: STANDBY-DISPLAY-MENU-MUTE-POWER
                               ATAU : STANDBY-MUTE-1-8-2-POWER ON

AKIRA, FUJITEC, BOOMBA: DAN BEBERAPA MEREK CHINA YANG LAINNYA YG MENGGUNAKAN 
                                    IC PROGRAM TYPE LC8632XX SERIES
                                     TEKAN MENU DI REMOTE DUAKALI - RECALL (Q.VIEW) - MUTE.

TV CHINA LAINNYA ( KCL, MITOCHIBA, BAZZOMBA) TEKAN VOLUME DI TV HINGGA NOL.
                          TEKAN RECCAL DI REMOTE SEKALI, TEKAN DAN TAHAN VOLUME (-) DI TV  
                          BERSAMAAN DENGAN TEKAN KEMBALI RECALL DI REMOTE
                          Ulang proses tersebut untuk masuk ke sub menu selanjutnya sampai ke posisi 
                          keluar menu servis.

AIWA            : TOMBOL MENU SERVISNYA ADA DI DALAM REMOTE DI ATAS TOMBOL VOLUME (+)
                      (BONGKAR DAHULU).
JVC                  : TEKAN DAN TAHAN BERSAMAAN OSD+MUTE
                  ATAU TEKAN DAN TAHAN OSD+PICTURE

HITACHI             : TEKAN DAN TAHAN TOMBOL AVDI TV, HIDUPKAN POWER SWITCH TV

SONY               : STANDBY- OSD - 5 - VOL(-) - POWER ON

RCA/THOMSON : TEKAN DAN TAHAN TOMBOL VT DI TV + POWER SWITCH ON TV

MESIN TV CINA Wcom : menggunakan IC tunggal TMPA8893-7F76 : Tekan Vol- sampai Volume = 0, Tekan Tombol menu remote 1x, maka akan muncul menu PICTUre  lalu tekan 7483 diremote secara berrsamaan, gunakan MUTe, vol-,vol+, ch-, ch+ untuk pindah2, dan save dengan DISP 1x.

MESIN TV CINA Wcom + wansonic (55L1, 58D7): menggunakan IC Program 86332xx Tekan Vol- sampai Volume = 0, Tekan Tombol menu remote 1x, maka akan muncul menu PICTUre  lalu tekan 6568 diremote secara bersamaan, gunakan SLEEP, vol-,vol+, ch-, ch+ untuk pindah2, dan save dengan RECALL 1x.
MESIN TV CINA WanSonic: menggunakan IC Program LC863428C-59Y8 Tekan Tombol menu remote 1x, maka akan muncul menu PICTUre  lalu tekan 6483 diremote secara bersamaan, gunakan tombol MUTE, vol-,vol+, ch-, ch+ untuk pindah2.
 
MESIN TV CINA WanSonic: menggunakan IC Program LC863532C-58D7, Jadikan Volume = 0, Tekan RECALL di remote, tahan, lalu tekan vol- di tv, lepas RecaLL, tahan Vol-, sekarang Tekan kembali RECALL di remote. Gunakan tombol ZOOM, MUTE, vol-,vol+, ch-, ch+ untuk pindah2. Untuk SAVE tekan RECALL 1 x. ganti Logo tekan PP 10 detik saat factory pertama kali.
Selain itu, jika masih ada remote aslinya, sisa tusuk lubang kecil di remote tersebut.
Persamaan Transisior BU808DFI untuk TV JVC
BU808DFI adalah Jenis transisor  Darlington, yakni Transistor yang di bentuk dari 2 buah transistor.
Berikut Ilustrasinya  : 
http://4.bp.blogspot.com/-GZHcDVBR0lY/Tx-lvUvIDSI/AAAAAAAAAH4/etxU2FfA7IM/s400/TR+H+darlington+skema+yans.JPG

NAh untuk saat ini jenis BU808DFI Susah di cari dipasaran, Dari Langganan toko Elektronik saya di sarankan menggunakan kode pengganti yakni BU808DFX, harga sih gak mahal amat, sy dikasi dgn harga Rp.16Ribu rupiah. Setelah   di pasang di tv JVC 21 in, hasilnya bagus, sama seperti R semua.
Dari HAsil Browsing saya mendapa juga persamaanya yakni C5388, api gag tau ada dipasaran apa tidak.
Untuk anda yg berada jauh dari kota. bisa membuatnya sendiri dari buat TR yakni TR regulator D2498 dan tr Horizontal D2499 dan beberapa diode dan resistor. untuk dioda yg ke basis bisa digunakan in4148, diode ke2 pake diode damper. Untuk R bisa pake R1/4w 100R. Smoga bisa membantu.

Rangkaian ABL TV warna

Rangkaian ABL di Flyback TV warna yang tegangan sumber dari B+. Biasa di pakai pada TV Goldstar, diman resistor itu sering terbakar.

kerusakan sirkuit ini disebabkan Flyback rusak.

 Kerusakan flyback umumnya disebabkan karena :
  • Faktor kualitas pembuatan
  • Faktor umur pemakaian sehingga kualitas bahan-bahannya mengalami degradasi.
 
Selain itu ada faktor lain yang dapat memicu kerusakan flyback, yaitu
  • ABL tidak berfungsi, sehingga gambar selalu bekerja pada kondisi britnes/kontras yang tinggi.
  • ABL normal, tetapi kontrol Kontras dan Britnes oleh konsumen  diseting pada level maksimum
Kedua hal tersebut diatas menyebabkan “kerja” flyback menjadi berat,  sehingga dapat menyebabkan cepat rusak. Oleh karena itu cek setingan kontras dan britnes. Informasikan ke konsumen mengenai resiko setingan pada maksimum.
 Flybak rusak/akan rusak kadang dijumpai dapat menyebabkan part pada sirkit ABL rusak. Setelah penggantian flybak, mungkin akan muncul problem layar gelap. hal ini disebabkan ada salah satu resistor ABL yang terbakar (gosong), atau kapasitor ABL yang short. Menjumpai ada resistor ABL atau kapasitor ABL yang rusak biasanya merupakan petunjuk kalau flyback rusak atau akan rusak.
  • Jika flybak rusak, maka resistor atau kapasitor jika diganti akan rusak terbakar lagi.
  • Jika resistor atau kapasitor  diganti dan pesawat dapat hidup normal, biasanya tidak lama lagi flyback akan menyusul rusak. Hal seperti ini perlu dijelaskan konsumen agar  suatu saat Anda tidak dikomplain oleh konsumen karena pesawat rusak lagi.
  Pada contoh gambar diatas diketahui :
  • R422 atau R423 merupakan resistor ABL yang sering terbakar
  • C422 adalah kapasitor ABL yang sering short.
  • Keduanya menyebabkan raster gelap


Penyebab Komponen Transistor Horizontal TVJebol Terus

http://2.bp.blogspot.com/-j4yc7Vb1mu0/UM_KFc85eSI/AAAAAAAAB-g/8E1RWnd1nFk/s320/TR+Horisontal.jpg
  

Komponen Transistor horizontal jebol terus sering terjadi pada kerusakan televisi yang berjenis CRT / tabung. Transistor ini berfungsi sebagai penguat horizontal atau sering juga disebut transistor HOT / Horizontal Output Transistor. Transistor horizontal ini sering mengalami kerusakan karena memang arus dan fungsi yang dihandlenya termasuk arus besar yang mudah menyebabkan panas dan tentu saja lebih beresiko untuk mengalami kerusakan. Tetapi jika pada saat kita memperbaiki televisi, setelah mengganti transistor horizontal dan transistor tersebut mati terus / jebol. Maka bisa dipastikan masih ada part tertentu yang menyebabkan kerja transistor menjadi overload. Dan berikut ini merupakan beberapa penyebab dari transistor horizontal jebol terus :

1. Kapasitor damper yang berubah kapasitansi
Kapasitor ini merupakan kapasitor yang biasanya terdapat di bagian horizontal dan memiliki nilai antara 6.8nF-10nF dengan tegangan kerja antara 1kV-2kV. Fungsi dari kapasitor ini adalah sebagai peredam spike / peredam / menyerap tegangan kejut yang besarnya bisa ribuan volt di antara kumparan primer flyback pada saat rangkaian horizontal bekerja.
Tegangan yang besarnya ribuan volt ini berasal dari induksi flyback yang pada saat bekerja diberikan pulsa on-off secara simultan pada kumparan primer flyback. Disinilah fungsi dari kapasitor damper tersebut, yaitu untuk meredam tegangan kejut yang besarnya hingga ribuan volt.
Itulah sebabnya kenapa transistor bisa langsung rusak jika kapasitor damper mengalami kerusakan atau berubah kapasitas, karena seperti yang kita tahu semua jenis transistor memiliki tegangan kerja maksimal yang bisa dialiri oleh nilai tegangan tertentu. Dan tegangan ribuan volt yang melalui transistor ini jika tidak diserap oleh kapasitor damper maka akan langsung merusak transistor.Kapasitor damper pada rangkaian tv Penyebab Transistor Horizontal Jebol Terus

Kapasitor damper pada rangkaian tv (tanda panah)
Jika anda mendapati kerusakan seperti transistor jebol terus seperti ini, maka anda bisa coba memeriksa kondisi dari kapasitor damper ini. Begitupun juga dengan solderan nya. Bila solderan nya sudah terlihat kendor maka fungsi untuk meredam tegangan menjadi tidak optimal. O iya untuk skema tv yang saya gunakan di atas adalah skematik tv untuk Samsung 21″.

2. Flyback yang short pada kumparan primer dan sekunder

Flyback transformer memiliki resistansi yang kecil pada kumparan primernya sehingga menjadikannya tidak optimal jika dilakukan pengujian dengan OhmMeter. Begitu juga dengan kumparan sekunder. Yang umum dan sering terjadi adalah kerusakan pada kumparan primer horizontal ( kolektor Tr HOT ) yang short.



memcegah transistor short Penyebab Transistor Horizontal Jebol Terus

Pada kerusakan tipe ini jika masih terjadi transistor jebol setelah dilakukan penggantian.  Maka bisa diakali dengan menggunakan sebuah bohlam lampu yang dipasang seri antara kolektor Tr Horizontal dan input primer dari flyback. Bila pada gambar yang ditunjukkan, posisi lampu tepat di letak tulisan H-out. Pemasangan  lampu dimaksudkan untuk menguji rangkaian horizontal apakah terjadi short di flyback / transistor.
Bila TV dinyalakan, pada kondisi rangkaian yang bagus maka lampu akan menyala dan bisa dilakukan pengukuran tegangan pada bagian screen. Tegangan yang seharusnya terukur adalah sekitar 100V, maksimal sekitar 150V. Sedangkan jika tegangan yang diukur >200V maka kemungkinan kapasitor damper yang rusak.
Untuk lebih detailnya anda juga bisa melihat artikel saya tentang Mencegah Transistor Power Short

3. Transistor Overheat

Pada beberapa unit TV yang pernah saya tangani ternyata transistor yang overheat bisa jadi penyebab transistor horizontal short, tentu saja untuk waktu yang memang lebih lama dinyalakan.  Ini mungkin berhubungan dengan kinerja komponen / part TV yang lain yang sudah tidak optimal sehingga membuat transistor menjadi lebih berat dalam beroperasi dan menimbulkan panas yang lebih. Solusinya bisa dengan menambahkan heatsink tambahan, yang perlu diperhatikan jangan sampai heatsink tambahan tersebut short / kena ke bodi logam / kaki komponen di sekitarnya.

Tapi tentu saja pemasangan transistor seperti ini merupakan pilihan yang terakhir karena sangat jarang terjadi.  bisa bermanfaat oleh para teknisi.


tv Golstar 14 inc lama baru bisa hidup


TV Goldstar 14 Inc

Pernah Menjumpai kerusakan tv yg lama baru bisa hidup normal setelah beberapa waktu di matikan???. artinya  tv itu baru bs berjalan normal setelah di hidupkan beberapa menit bahkan berjam-jam baru bisa on/hidup. Sebelumnya lampu power akan nyalah Terang->Gelap begitu seterusnya sampai dia bisa nyalah normal.
Kebetulan saya alami setelah di suruh tetangga di tempat tinggal yg lama. yg kebetulan sy lg silahturahmi karna lama tidak kesana jalan-jalan.
Secara Teori dan pengalaman sih kerusakan tv jikalao panas baru bagus di sebabkan oleh komponan ELCO yg sdh turun pasitas kerjanya. atao malah solderan yang sdh tidak nyambung dengan baik.
Kebetulan tv ini jenis Goldstar lama kalo gag salah itu tv keluaran tahun 1992an. maaf kalo salah ya.
type/model tv lupa nyatet hehe. pokoknya ciri cirinya di power supply pake IC STR F6654
setlah saya ukur pake AVO meter.   di B+ hanya ada tegangan antara 70-90Volt itu pun naik turun. curiga elco di B+ yg nilainya 160V220uf, diganti eee sama...  curiga juga elco di bagian powersupply primier dgn kode part C802 nilai 50V47uf >> diganti hasil sama. curiga lagi elco sebelahnya dgn kode part C801 dgn nilai 35v220uf eh langsung makcling/ nyalah terang lampu standbynya!!!!! aneh. padahal secara fisik itu elco 801 lebih bagus dari yg 802.... 
nah Kesimpulannya jgn pernah ter kecoh sama fisik elconya, Fungsi elco 35v220uf itu ada perata tegangan control umpan balik untuk str f6554 yg dihasilkan dari trafo choopernya.

TV Polytron Minimax Tidak Mau StartUp

TV Polytron Minimax 20Inc Model Pertama Tidak Mau StartUp, Lupa Modelnya yg Jelas Ciri-Cirinya warna silver, Body Besar kebelakang juga samping, MEnggunakan IC OsCilator/croma STV2286H, Vertical TDA8174A,  IC UCOM Tidak Pakai Memory Ekternal.

TV ini keluaran tahun 1998an,
Saya menerima tv ini dalam keadaan Matitotal, kata yg punya sih SEBELUMNYA lampu Power IDup kok, setalas di buka chasingnya sama tetangganya yg coba2 mow cek sekring (seperti pengalamannya) malah jd mati total DARI sebelumnya yg cuman standby. n gag mau starUP.
Setelah sy amati ternyata mmg FUSE (5A250V) putus, pantesan lampu power dah gg nyalalah lagi. PIkir punya pikir knp bs putus ya fusenya.. Jgn2 TR power Jebol..... dengan memakai LAmpu seri sy tes powwer ON,... ternyata gg koerslet. Kesimpulan kemungkinn kebetulan saja sewaktu di onkan mereka Tegangan JALA2 PLN lagi Drov makanya AMpernya NAik.
Setalah bisaStanby, Coba StarUP Menggunakan Tombol ChanelUP/Down.. eh ternyata gag ada respon....
waduh knp yah?? pin power dari IC UCom tdk Respon!!!! apa rusak yah?? kena Petir??. CApek ngetes n mikir gg ketemu.. sy simpan dulu. sambil mikir2mikir...
Masih Penasaran, malamnya sy tes lagi, n saya perhatikan knp lampu power agak redupnya??? padahal tegangan B+ dalamkeadaan standby sekitar 25 volt (ok)
Cek Punya  b+ untuk IC Ucom gag sampe 5Volt (pantesan agak redup..) Lantaran power 5+ untuk IC Ucom drov makanya dia gag Bekerja. Setelah sy telusuri rangkaian penghasil 5Volt (ada D zener dan Tr) disana tidak cukup, hanya sampe 5volt, seharusnya diatas 6Volt baru bs menghasilnya kira2 5Volt-an. TElusuri lagi..>>>>> ternyata tegangan Standby dihasilkan oleh Pin Trafo Chooper yg menhasilnya 50Volt untuk keperluan Power Trafo Driver Horizontal anjlok.  seharunya ada sekitar 9Volt jika standby. nah disitu ada ELCO dengan nomor part C507 bernilai 63Volt10Uf agak mencurigakan. setelah sy ganti dengan nilai lebih besar 100v22uf ternyata menghasilnya tegangan cukup 9volt, Tes Power StarUp>> nyalah>>> lega rasanya.

tv Polytron 14Inc Gambarnya Strep-strep

Tv Polytron 14Inc Gambarnya Strep-strep.
Itu TV punya bos keuangan di kantor ku...  awalnya pusing juga nentukan apanya yg rusak...
MAAF lupa poto sebelum tvnya bagus kembali.
Pokoknya sy baru liat tv rusak gitu, Gambar siaran TV sih bagus, bersih, cuman ada gangguan seperti ada tegangan tinggi bocor, ato seperti ada frekuansi tinggi yg bocor..... .
Kesimpulan emengarak ke tudung anoda Flayback, cek .. gag masalah.>>>> cek lagi Yoke  Defleksi siapa tahu kawatnya karatan n rada2 mow putus??!!! ternyata bagus>>> Cek Plyback siapa tahu bocor!!! ternyata baik2saja...
Heran...... ... .juga..... Tapi pas di perhatikan ada suara agak menderik saaat muncul gangguan di layar...
Curiga bagian Switching Powersuplynya.(regulator). Langkah pertama  cangkok regulator dengan regulator Gancu.... ternyata cuman perubahan dikitttt skali. Masih penasaran juga.. cangkok full Regulator... ternnyata gangguan hilang. Setelah sy perhatikan ternyata Traro cooper aselinya rada2 basah. mungkin itu yg menghasilkan gangguan itu.
KESIMPULAN : kerusakan itu akibat Trafo COOPEr yg sdd rada Korslet. Kalo masih ada di jual ganti yg baru. kalo mmg gag ada mending ganti 1 set, banyak kok dijuall harga sekitar 45 ribuan...

Memperbaiki tv Panasonic Gambar Gelap sebelah

Memperbaiki tv Panasonic Gambar Gelap sebelah kirinya dan Terang sebelah kanannya.
Awalnya ini TV Panasonic Dome 21 Inc ini sdh di cek teknisi lain katanya sih CRT rusak/kalah, mending beli TV baru.
Kata yg empunya TV lama baru kelihatan gambarnya. pas aku cek, seperti starting tp kok CRT gag nyalah yah? apa bener Crt dah Rusak. setelah buka cashing, aku ceg teg B+sekitar 130Votl. Normal ajah. cek percek ternyata jalur teg.Heat di CRT Board di putus. kayaknya teksini yg periksa dukuan dari aku n bilang crt rusak yg putusin . tp kok gag di sambung lagi yah?
Setelah aku jumper dan star tv, wah bisa nyalah, masih terang pula. Tapiii.... gambarnya Cuman putih/snow dan ada sedikit warna pelangi dan bergerak2.
Di puter2 steln Focus tp gag ngarus yah?
pikir aku, kayaknya soket crt gag bener ini, tanpa pikir panjang karna kebetulan aku bawa itu soket, maka aku ganti dan tancep.. apa yg terjadi?? ternyata gambar raster dengan bintik2nya langsung keliatan. cek smuah siaran bagus, cuman kok gambar terang sebelah n gelap sebelah??? aku naikin screen hasil sama, mmg aga terrang tp gag merata.
cek per cek tagangan ituk TR penguat video yg biada ada sekitar 180Volt itu gag cukup, aku langsung ganti ELco 200volt10uf.
langsung Start>>> akhirnya Nyalah normal, terang merata.....
Pesenku: jgnmemberikankesimpulan jika gak yakin sama yg kita simpulkan.

TV Sharp Alexander Protek Password

TV Sharp Alexander Protek, Minta Input Password : ****.
Pernah anda mengalami?
Kemaren Mlm (09maret2011) Tetangga sebelah minta tolong, katanya TVnya minta pasword setelah dia beli Remote yg di bawapenjual remote keliling, yg jelas menurut mereka mereka membeli remote baru itu gag ada masalah apa2. nah tv dimatiin beberapa saat, ketika mau di nyalahkan lagi, eh nyalah layar biru dan minta kode password.
Pas aku cek kesana, pusing juga karna aku blom pernah mendapat hal seperti ini pada tv sharp.
akhirnya aku minta permisi mau kekantor dulu sekalian cari kodenya.
Ternyata Lewat OM GOOGLE aku dapat hehehehh.
Kode passwordnya TV Alexander adalah 2398. jgn di bolak balikyah.




4 comments:

  1. Gile nte hebat banget bang, sya pengen jadi murid nte bang,bisa ga bang hehe

    ReplyDelete
  2. Klo yg Sony wega 29 in gambar blur udah puter fokusnya tetep aja blur Minta solusidong

    ReplyDelete
  3. permisi mas mau tanya kalau tv cina 21" posisi kalau pakai dvd / input video gambarnya ketarik kanan-kiri gak karuan tapi kalau buat tv normal kira-kira rusaknya bagian mana ya mas

    ReplyDelete